PENATAAN KEMBALI PENGEMBANGAN AGROFORESTRY AREN (Arenga pinnata MERR) BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN PENINGKATAN EKONOMI RUMAH TANGGA DESA MITRA MELALUI RUMAH BUNDA DI DESA MITRA RAMBAHAN KABUPATEN BATANG HARI

Heriberta Heriberta, Asrizal Paiman, Rike Setiawati, Ade Adriadi, Hari Wiki Utama

Abstract


Penataan kembali area agroforestri menjadi salah satu upaya ‘untuk mengetahui potensi suatu lahan untuk penggunaan’ tertentu’ dengan visualisasi berupa peta melalui sistem informasi geografis. Sistem agroforestri merupakan bentuk pemanfaatan lahan yang dikembangkan untuk memberikan manfaat ekonomi dan sosial sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat’. Melalui sistem informasi geografis menjadikan salah satu upaya untuk menata kembali kegunaan lahan. Tujuannya adalah memberi pengetahuan tentang cara pemanfaatan lahan secara optimal dengan menerapkan sistem Agroforestri berbasis Aren. Oleh karena itu perlu adanya pembentukan pemahaman dalam proses pembangunan sistem agroforestry aren berbasis sistem informasi geografis di lahan perkebunan. Selanjutnya akan dibuat rumah bunda dimana nanti nya rumah bunda ini akan membantu ibu-ibu untuk meningkatkan skill mereka. Untuk Kegiatan dilakukan dari Juni-September 2021 di desa Rambahan Kabupaten Batang Hari, kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan, demontrasi dan melakukan penandaan melalui sistem informasi geografis terhadap tanaman aren yang nanti akan digunakan untuk pembuatan peta sebagai penataan kembali tanaman aren.

Keywords


Agroforestry, Sistem Informasi Geografis, Rumah Bunda

Full Text:

PDF

References


Duryat dan Indriyanto. 2012. Produksi Nira Aren (Arenga Pinnata) Sebagai Bahan Baku Gula Merah Dari Kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman Di Kelurahan Sumber Agung Kecamatan Kemiing Kota Bandar Lampung. Seminar nasional III, 29 Mei 2012. 595-598.

Fahmi ZI. 2011. Studi Teknik Pematangan Dormansi Dan Media Perkecambahan Terhadap Viabilitas Benih Aren (Arenga Pinnata). Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan. Surabaya.

Haryjanto LS. 2010. Konservasi ex-situ untuk mendukung program pemuliaan Aren (Arenga Pinnata) sebagai sumber energi alternatif. Badan Pengembangan dan Penelitian Kehutanan. Yogyakarta.

Simatupang, D.P. 2011. Kontribusi produk agroforestri terhadap pendapatan rumah angga (Nagori Simpang Raya Dasma, Kabupaten Simalungun). Prosiding Penelitian Agroforestri. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Suprayogo, D., Hairiah, K., Wijayanto, N., Sunaryo., Noordwijk, M. 2003. Peran Agroforestri Pada Skala Plot: Analisis Komponen Agroforestri Sebagai Kunci Keberhasilan atau Kegagalan Pemanfaatan Lahan. Bogor: Word Agroforestri Center (ICRAF). Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.1002-1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.