EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, Vol 8, No 1 (2023)

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INQUIRY SCIENCE ISSUES UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN

Dini Mashfufah, Suroso Mukti Leksono, Annisa Novianti Taufik

Abstract


Kegiatan pembelajaran di sekolah yang ditujukan untuk membangun kemampuan problem solving siswa belum sepenuhnya terlaksana secara optimal. Kemampuan problem solving siswa dapat dibangun dengan mengembangkan e-modul yang disusun berbasis inquiry science issues. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis tingkat kelayakan e-modul berbasis inquiry science issues untuk membangun kemampuan problem solving siswa pada tema pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan, terdiri dari 3 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi ahli. Hasil validasi tingkat kelayakan e-modul berbasis inquiry science issues tema pencemaran lingkungan oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 88,33% (sangat layak), ahli media memperoleh 85,22% (sangat layak), dan ahli praktisi memperoleh 98,88% (sangat layak). Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa e-modul berbasis inquiry science issues tema pencemaran lingkungan dalam membangun kemampuan problem solving siswa dinilai sangat layak (90,81%).