PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF MODEL HANDS ON ACTIVITY TEMA TEKANAN DALAM TUBUH UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Dea Berlian Amanah, Suroso Mukti Leksono, Vica Dian Aprelia Resti

Abstract


Penelitian ini didasari adanya permalasahan dimana selama pembelajaran dalam jaringan (daring), peserta didik kurang mendapatkan pengalaman keterampilan praktikum kemudian belum menyisipkan kemampuan abad 21 dalam pembelajaran secara optimal. Sehingga dikembangkan produk Electronic-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) dengan model Hands on Activity untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan hasil efisiensi E-LKPD model Hands on Activity tema Tekanan dalam Tubuh untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D oleh Thiagarajan, dkk. (1974) terdiri atas Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan (dibatasi hanya sampai tahapan uji coba kelompok kecil). Penelitian ini menggunakan instrumen lembar angket validasi yang digunakan oleh ahli bahan ajar dan ahli praktisi IPA untuk mengukur tingkat kevalidan serta lembar angket respon peserta didik untuk mengukur tingkat efisiensi E-LKPD. Berdasarkan data hasil penelitian, produk E-LKPD mendapatkan tingkat kevalidan sebesar 86.1% dengan kategori "Sangat Valid" oleh ahli bahan ajar, dan tingkat kevalidan sebesar 92.5% dengan kategori "Sangat Valid" oleh ahli praktisi. Hasil efisiensi menunjukkan produk E-LKPD mendapatkan nilai sebesar 96.8% dengan kategori "Sangat Efisien" untuk hasil angket respon peserta didik dan mendapat nilai sebesar 59.4% dengan kategori "Efisien" untuk hasil pembelajaran.

Keywords


LKPD Digital; Model Hands on Activity; Tema Tekanan Dalam Tubuh; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (A. Holid (ed.); Kelima). PT. Remaja Rosdakarya.

Andriyani, S. (2017). Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android. Jurnal Sains Dan Teknologi Utama, Volume XI, Nomor 1, April 2016, XI(152), 15–26.

Cummings, J. B., & Blatherwick, M. L. (2017). Creative Dimensions of Teaching and Learning in the 21st Century (B. Sriraman (ed.); Volume 12). Sense Publishers.

Diniya, D. (2019). Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated Melalui Model Inkuiri Terbimbing Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 22. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7580

Erti, M. P. (2017). Penerapan Model Hands On Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika MTSN IV Koto Aur. Natural Science Journal, 3, 383–390.

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Hersandi, M., Mahardika, I. K., & Nuriman. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Bentuk Brosur Untuk Pembelajaran IPA di SMP ditinjau dari Aspek Kegrafikaannya. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 57–64. http//jurnal.unej.ac.id

Kemendikbud. (2017). Silabus Satuan Pendidikan Tingkat SMP. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), 1–78.

Luhur Wicaksono. (2016). Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran Luhur Wicaksono. J P P Journal of Prospective Learning, 1(2), 9–19. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m

Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Aplikasi E-Modul Berbasis Android Pada Pembelajaran Tematik Kelas 3 Sekolah Dasar. Akademika, 10(01), 13–24. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322

Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019, 179–185.

Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2018). Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 101. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2773

Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands On Activity (HoA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73–80. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1148

Rahman, U., Wijaya, K., Fadillah, S., & Saputro, M. (2021). Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel. 3, 240–251.

Ramadhani, W. P., & Ketut Mahardika, I. (2015). SEMINAR NASIONAL FISIKA DAN PEMBELAJARAANYA 2015 Kegrafikaan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Multirepresentasi. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajaran , 85–91.

Rokhmah, L., Gulӧ, F., & Edi, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Komputer Untuk Kimia Redoks Di Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 STEM Untuk Pembelajaran SAINS Abad 21, 338–347.

Scristia, S. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429

Wijayanti, P. S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Inggris Matematika Dengan Bantuan Videoscribe Melalui E-Learning. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 147–156. https://doi.org/10.30738/.v6i2.1566




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.65-74

Article Metrics

Abstract view : 502 times
PDF - 322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.