PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS WEB (GOOGLE SITES) DALAM MENGATASI LEARNING LOSS SISWA KELAS IX SMP PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA

Safnah Devi, Sjaifuddin Sjaifuddin, Adi Nestiadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar berbentuk e-book dalam mengatasi learning loss pada tema lingkungan sahabat kita di SMP. E-book dirancang menggunakan flipbuilder dengan bantuan kunjungan situs web (google sites). Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model penelitian 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi sesuai dengan penelitian yang dilakukan yaitu: Define, Design, Develope dan uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli untuk penilaian aspek materi, aspek media, aspek pendidikan, dan angket respon peserta didik. Data dianalisis secara kualitatif. Pada lembar penilaian ahli, terdapat penilaian aspek learning loss untuk mengukur keberhasilan produk dalam mengatasi persoalan tersebut. Hasil penilaian menunjukkan bahwa score untuk aspek substansi 92,5% (validitas tinggi), score untuk aspek media 95,2% (validitas tinggi), score untuk aspek pendidikan 92,9% (validitas tinggi); sedangkan peserta didik memberikan score 89,5% (validitas tinggi). Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dalam penelitian sudah valid dan mampu mengatasi learning loss siswa SMP.


Full Text:

PDF

References


Aryani, D., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. Identifikasi Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 168–175, 2019.

Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 113-119, 2021.

Bhagaskara, A. E., Firdausi, A. K., & Syaifuddin, M. Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 104–119, 2021.

Boko, Y. A. Pentingnya Pengembangan Buku Ajar Statistika Berbasis Praktik Penyelesaian Masalah dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 168–175, 2021.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Seminar NASIONAL Statistik, 1–14, 2021.

Dahlia, A., & Rohana, .I. Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 06(02), 1360–1373, 2022.

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17), 2021.

Fajra, N., Asrizal, & Kamus, Z. Studi Penerapan Buku Ajar Ipa Terpadu Tema Gerak Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Pada Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang. Pillar of Physics Education, 11(1), 153–160, 2018.

Harahap, S. Identifikasi Kreativitas Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA. Integrated Science Education Journal, 1(1), 16–22, 2020.

Hesti, H., Riani, E., Khastini, R. O., & Sjaifuddin, S. Pemanfaatan Hasil Penelitian Pengaruh Logam Berat Cu Terhadap Pertumbuhan Udang Windu (Penaeus monodon) Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Subkonsep Pencemaran Lingkungan SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 434-442, 2022.

Hidayah, M., Riani, E., Khastini, R.O., & Sjaifuddin, S. Implementation Research Result About the Effect of Heavy Metal Cadmium on the Growth of Tiger Shrimp (Penaeus monodon) as Biology Learning Source for Environmental Pollution. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8(1): 122-132, 2022

Januarisman, E., & Ghufron, A. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166, 2016.

Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. Penggunaan Google Sites pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SPMN 1 Astambul. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68–73, 2020.

Kartikasari, R. D., & Jauzaa, S. Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Resensi Berbantuan Media E-Book. Seminar Nasional Pendidikan “Pengembangan Pendidikan Karakter Menuju Transformasi Pendidikan Abad 21,” 87–93, 2019.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326, 2020.

Mukti, W. M., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 51–59, 2020.

Nurhadi, A. R. & Pendidikan, P., Elektro, T. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif, 2013.

Pramono, S., Mustaji., Harwanto. PENGEMBANGAN BUKU AJAR DENGAN MEDIA VIDEO Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 8(2), 409–416, 2020.

Puspita, L. Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–88, 2019.

Pratiwi, W.D. Dinamika Learning loss: Guru dan Orangtua. Starfish Labz, 1(1), 147–153, 2021.

Putri, A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143-150, 2021.

Rachmat Rizaldi, & Syahlan. Analisis Materi dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 1–5, 2020.

Sjaifuddin, S., Hidayat, S., Fathurrohman, M., Ardie, R., & El Islami, R.A.Z. The Development of Food Security Behavior Model Through Environmental-based Learning: a System Dynamics Approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8 (2), 230-240, 2019.

Syahri, W., Muhamin., Devi, T. S. J. Indo. Soc. Integ. Chem., 2016, Volume 8, Nomor 2. 8, 18–25, 2016.

Taufik, M., Sutrio, Syahrial, Sahidu, H., & Hikmawati. Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Webkepada Guru Ipa Smp Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 77–81, 2018.

With, L., & Series, L. COVID-19 and learning loss — disparities grow and students need help, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.48-56

Article Metrics

Abstract view : 856 times
PDF - 408 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.