PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI BERBASIS WORDWALL PADA TEMA SIAGA BENCANA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

Nurfauziyah Nurfauziyah, Sjaifuddin Sjaifuddin, Annisa Novianti Taufik

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis validasi instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi berbasis wordwall tema siaga bencana kepada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Langkah-langkah R&D yang dilakukan meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Subjek penelitian ini adalah ahli assessment, ahli media, dan ahli praktisi. Hasil penelitian yang didapat berupa prototype instrumen tes sebanyak 30 butir soal pilihan ganda bertipe HOTS yang dikembangkan menggunakan wordwall. Hasil validasi menunjukkan bahwa 98,35% butir tes termasuk dalam kategori sangat valid menurut ahli assessment; 91,15% butir tes termasuk kategori sangat valid menurut ahli media; dan 95,07% butir tes termasuk kategori sangat valid menurut ahli praktisi. Secara keseluruhan diperoleh kesimpulan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi berbasis wordwall pada tema siaga bencana untuk siswa kelas VIII SMP dinilai sangat valid (94,87%).

Full Text:

PDF

References


Arum, N.E., Sjaifuddin, S., & Taufik, A. N., Pengembangan Instrumen

Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbasis Quizizz pada Pembelajaran IPA Daring Tema Hipertensi untuk SMP Kelas VIII, EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2), 270-279, 2022.

Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L.T., Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku, PENDIPA Journal of Science Education 6(1), 113-119, 2022.

Cahyono, A. E., “Evaluasi Pelaksanaan Authentic Assessment Berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Islam Al-Hidayah Jember”, EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, vol. 5, no. 1, 2017.

Fanani, M. Z., “Strategi Pengembangan Soal HOTS Pada Kurikulum 2013”, Edudeena, vol. 2, no. 1, pp. 57–76, 2018.

Heru, Mohamad & Suparno, “The Development of Reasoned Multiple Choice Test in Interactive Physics Mobile Learning Media (PMLM) of Work and Energy Material to Measure High School Students’ HOTS”, Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 9, no. 2, pp. 141-150, 2019.

Izzania, R. D. S. M., Winarni, E. W., & Agusdianita, N., “Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Materi Siaga Bencana Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu”, Jurnal Riset Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 3, pp. 381–390, 2020.

Kadarwati, A., “Peningkatan Kompetensi Calon Pendidik SD Dalam Pengembangan Tes Hasil Belajar”, Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 76, 2017.

Lestari, S.M., Sjaifuddin, S., & Resti, V.D.A., Pengembangan Instrumen Soal Lomba Cerdas Cermat IPA SMP Berbasis ICT (Information and Communication Technology) dengan Aplikasi Quizizz, PENDIPA Journal of Science Education, 6 (2), 531-540, 2022.

Pusat Kurikulum, "Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs)”, Balitbang Depdiknas, 2007.

Rizkia, A.D., Sjaifuddin, S., & Suryani, D.I., Development of problem-solving based test instruments to foster the students creative thinking skills on environmental conservation, Jurnal Pijar Mipa 17 (4), 447-454, 2022.

Septiani, A.D., Sjaifuddin, S., & Berlian, L., Pengembangan Instrumen Evaluasi Tes Two-Tier Multiple Choice Berbasis Literasi Sains Siswa Kelas VII Pada Tema Hujan Asam, BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 8(1), 167-174, 2022.

Sholekhah, F. M., Maharta, N., & Suana, W., “Development of Higher Thinking Instrument of Newton’s Laws of Motion”, Journal of Physics and Science Learning, vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2018.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)”, Bandung: Alfabeta, 2016.

Susiatin, “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola “OCF” di SDN Yanti Jogoroto.”, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 17–24, 2019.

Trieb, C. A., “Application Of Learning Technologies To Promote Holistic Thinking And Consensus Building In Global Studies”, International Journal of Information and Learning Technology, vol. 33, no. 5, pp. 300–314, 2016.

Utami, T.P., Sjaifuddin, S., & Berlian, L., Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts, PENDIPA Journal of Science Education 6(1), 128-134, 2022.

Widana, I Wayan, “Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS)”, JISAE, vol. 3, no. 1, pp. 32-44, 2017.

Widana, I. Wayan, “Modul Penyusunan Soal HOTS”, Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Winarni, D. S., Naimah, J., & Widiyawati, Y., “Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa”, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 7, no. 2, pp. 91–100, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.15-23

Article Metrics

Abstract view : 1191 times
PDF - 473 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.