PENINGKATKAN KREATIVITAS MATEATIKA SHOLAT SISWA MELALUI PROBING-PROMPTING LEARNING

Masdelima Azizah Sormin, Mira Rahmayanti Sormin, Darliana Sormin, Nur Sahara

Abstract


Pentingnya pendidikan matematika bukan hanya di sekolah umum tetapi di sekolah pesantren juga perlu mempelajari matematika. Salah satunya pelajaran ibadah materi sholat, ternyata di dalam setiap gerakan sholat ada nilai-nilai matematika. Dimana, gerakan dalam sholat terdiri dari berdiri tegak lurus dan takbiaratul ihram, rukuk, i’tidal, sujud, duduk, dan salam. Gerakan Sholat ini sendiri bila diperhatikan memiliki bentuk-bentuk sudut pada mata pelajaran trigonometri. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui Peningkatkan Kreativitas Matematika Sholat Siswa melalui Probing-Prompting Learning.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MAS Pondok Pesantren K. H. Ahmad Dahlan Sipirok. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Pondok Pesantren K. H. Ahmad Dahlan Sipirok yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket dan observasi, alat pengumpulan data yaitu lembar tes, lembar angket dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis data tes, analisis angket, analisis hasil observasi aktivitas siswa, dan analisis hasil observasi kinerja guru. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan terdapat hasil angket kreativitas siswa pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 59,70% sedangkan rata-rata persentase siklus II sebesar 81,50% dengan peningkatan rata-rata persentase sebesar 21,80%. Dilihat dari hasil tes kemampuan kreativitas matematika siswa pada siklus I dengan persentase 70,64% sedangkan siklus II persentase sebesar 87,20% dengan peningkatan persentase sebesar 16,56%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I rata-rata persentase sebesar 69,50% sedangkan rata-rata persentase siklus II sebesar 80,60% dengan peningkatan rata-rata persentase sebesar 11,10%. Hasil observasi kinerja guru pada siklus I rata-rata persentase sebesar 67,05% sedangkan pada siklus II rata-rata persentase sebesar 89,77% dengan peningkatan rata-rata persentase sebesar 22,72%. Luaran penelitian ini terdiri dari: Publikasi Ilmiah Jurnal Nasional ber ISSN.


Keywords


Kreativitas, Matematika Sholat, Probing-Prompting Learning.

Full Text:

PDF

References


Zaitun. Habibah,S. 2013. Implementasi Sholat Fardhu Sebagai Saran Pembentuk Karakter Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam – Ta’lim Vol 11 No.2 2013.

Hidatullah Moch. Syarif. 2011. Buku Pintar Ibadah Lengkap Semua Rukun Islam. Cet 1; Jakarta: Graha Pena.

Halimang. St. 2016. Salat dan Kesehatan Perspektif Maqasid al-Syariah. Jurnal Khatulistiwa – Jurnal of Islamic Studies Vol. 6 No. 1 Maret 2016.

Susanto. Ahmad. 2013. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas 5 SD. Jakarta: Kencana.

Arikunto. (2017) Prosedur Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Rineka Cipta.

. (2015) Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.315-319

Article Metrics

Abstract view : 308 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.