ANALISIS HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA RANAH AFEKTIF POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG

Rachmat Rizaldi

Abstract


Pencapaian Kompetensi Hasil Belajar Fisika Siswa diantaranya karena kurang efektifnya suatu strategi dalam proses pembelajaran. Strategi pembelajaran yang diterapkan hendaknya banyak mendorong keaktifan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa. Hasil belajar yang meningkat tidak hanya fokus kepada hasil belajar pada ranah kognitif saja melainkan hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor siswa. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa perlu dilakukan analisis data pada ketiga ranah tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan analisis hasil belajar fisika siswa pada ranah afektif pokok bahasan Getaran dan Gelombang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 24 Padang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakuan menggunakan lembar observasi ranah Afektif. Teknis Analisis data pada ranah Afektif menggunakan Uji-t pada taraf nyata 0,05.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian Analisis Hasil belajar siswa pada ranah Afektif di kelas Esperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,93 dan kelas kontrol adalah 70,45. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t, pada ranah afektif diperoleh thitung= 7,69 dan ttabel= 1,67 pada taraf nyata 0,05. Hasil ini berarti bahwa thitung > ttabelsehingga Ho ditolak.. Dengan demikian disimpulkan terdapat perbedaan yang berarti analisis hasil belajar fisika siswa pada ranah Afektif menggunakan startegi penemuan terbimbing di kelas eksperimen dan kelas kontrol pokok bahasan getaran dan gelombang

Keywords


Strategi Penemuan Terbimbing, Ranah Afektif, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.rev.ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2010. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus. Jakarta: BSNP.

Gulo,W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2002. Metoda Statistik. Bandung: Transito.

Sudjana, N. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.257-261

Article Metrics

Abstract view : 819 times
PDF - 273 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.