PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ DAN SCHOOLOGY

Nova Irawati Simatupang, St Fatimah Azzahra

Abstract


Di beberapa sekolah, siswa diberikan akses menggunakan smartphone dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Hal ini berakibat kepada sulitnya guru mengendalikan siswa untuk tetap fokus mendengarkan guru dalam mengajar. Siswa cenderung lebih tertarik menggunakan smartphone untuk bermain games daripada mendengarkan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan minat belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi Quizizz dan Schoology pada smartphone. Quizizz dan Schoology merupakan salah satu aplikasi sederhana yang yang menarik dan dapat digunakan untuk membantu guru dalam mengajar dan melakukan evaluasi melalui test online. Selain hal tersebut, izin penggunaan smartphone dalam kelas dapat lebih terarah dan dimaksimalkan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa-siswi SMA kelas XI di SMA Darussalam Tangerang. Adapun sampel penelitian diambil dua kelas ykelas XI IPA1 dan XI IPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 20 soal pilihan berganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil analisi data menggunakan SPPS 22, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa  dengan menggunakan aplikasi quizizz dan schoology dengan nilai F(0,849). Selain itu juga diketahui bahwa hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan aplikasi quizizz juga lebih tinggi daripada menggunakan aplikasi schoology, dengan perolehan nilai t hitung sebesar 8,268 dan nilai sig < 0.05.

Keywords


hasil belajar, kimia, pembelajaran daring, schoology, quizizz

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.146-153

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.