HUBUNGAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING (CPBL) TERINTEGRASI BAHAN AJAR KIMIA SMA/MA

Uswatun Hasanah S, Rachmat Rizaldi

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai-nilai karakter siswa dengan hasil belajar menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA. Penelitian ini dilakukan di SMA/MA Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA/MA di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ada 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dan  kelas eksperimen 2 dengan  menggunakan model Cooperative Problem Based Learning(CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA di sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam bentuk tes objektif hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan uji Correlation  pada program SPSS 16 for windows, Sig. (-tailed) < α = 0.05, maka hipotesis alternatif  (Ha) diterima dan Ho ditolak. Untuk mengetahui pengaruh antara karakter dengan hasil belajar dapat digunakan uji Regression Linear pada program SPSS 16 for windows.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha1 diterima dengan  perolehan harga sig. 0,000< 0,05, dengan kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan nilai-nilai karakter siswa yaitu komunikatif, kreatifitas, rasa ingin tahu, tanggung jawab dan toleransi.

 

Kata Kunci : Cooperative   Problem   Based  Learning  (CPBL), Bahan  Ajar  Kimia, Hasil Belajar,       

                  Karakter.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ikrimah. 2014. Pengembangan Buku Ajar Kimia SMA/MA Kelas X Semester II Berdasarkan Kurikulum 2013 Berbasis Pendidikan Karakter, Tesis, Universitas Negeri Medan, Medan.

Parulian, H.G., dan Situmorang, M. 2013. Inovasi Pembelajaran di dalam Buku Ajar Kimia SMA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19 (2): 67-77.

Pursell, D. P. 2011. Review of Ethics in Science and Engineering, Jurnal of Chemical Education, 90: 17-18.

Situmorang, M., Suyanti, R.D., Simatupang, N.I., Munthe, S.D.D. 2013. Pengembangan Buku Ajar Kimia SMA/MA Kelas X Sesuai Kurikulum 2013 Melalui Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Prosiding Seminar Hasil Penelitian Lembaga Penelitian Unimed Tahun 2013 Bidang Pendidikan, 1-7.

Stieff, M., dan Wilensky, U. 2003. Connected Chemistry-Incorporating Interactive Simulations into the Chemistry Classroom, Journal of Science Education and Technology, 12 (3): 285-302.

Suharta dan Luthan, P.L.A. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran dan Penyusunan Bahan Ajar dengan Pendekatan Paikem Plus untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Menumbuhkembangkan Karakter Mulia Siswa dalam Pelajaran Kimia di SMA, Universitas Negeri Medan, Medan.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yanthy, N. 2014. Pengembangan Buku Ajar Kimia SMA/MA Kelas XI Semester 1 Berdasarkan Kurikulum 2013 Dalam Upaya Meningkatkatkan Hasil Belajar Dan Menumbuhkembangkan Karakter Siswa, Tesis, Universitas Negeri Medan, Medan.

Yusof, K. M., Hassan, S.H.A.S., Jamaluddin, M.Z., dan Harun, N.F. 2010. Cooperative Problem Based Learning (CPBL), Global Engineering Education Conference, 6: 366-373.

Zuchdi, D., Kuntoro, S.A., Kunprasetya, Z., dan Marzuki. 2010. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.87-94

Article Metrics

Abstract view : 979 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.