VALIDASI VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KALOR

Dina Marganingsih, Maulida Permata Sari, Hadma Yuliani

Abstract


Dalam pembelajaran materi kalor diperlukan adanya media berupa video berbasis keterampilan proses sains (KPS). Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian video pembelajaran berbasis keterampilan proses sains pada materi kalor berupa validasi dari ahli materi dan juga validasi dari ahli media pada aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, bahasa, tampilan, fungsi dan manfaat. Subjek penelitian ini ialah 26 orang partisipan dari kelas X (sepuluh) IPA di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Murung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dibatasi pada 3D yaitu define, design, development. Video yang dikembangkan terdiri dari 6 aktivitas yang disusun berdasarkan parameter KPS . Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data validasi ahli media dan materi. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi dan ahli media dengan presentasi ahli materi sebesar 81,33% dan ahli media sebesar 68,75% yang menunjukan kriteria layak sehingga media yang dikembangkan dianggap sudah sesuai.

Keywords


Video pembelajaran, kalor, dan keterampilan proses sains

Full Text:

PDF

References


Kruea-In,, C., Kruea-In, N., & Fakcharoenphol., W. (2015). A Study Of Thai In-Service And Pre-Service Science Teachers'Understanding Of Science Process Skills. Procedia - Social And Behavioral Sciences.

Madesa, E. (2015). Application Of Integrated Science Learning To Train Critical Thinking Skills. Proceedings Of The National Seminar On Physics, 4.

Yuliono, S. N., Sarwanto, & Wahyuningsih, D. (2014). VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1).

A, H., Ngadimin, Soewarno, Sabaruddin, & Susanna. (2018). Improvement Of High Order Thinking Skills Of Physics Student To Prepare Human Resources In Order To Faced Of Global Competition In Asean Economic Community. Journal Of Physics: Conf. Series.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astuti. (N.D.). Student Worksheet Development. Indonesia Science Education Journal, 2(1).

Hamdani. (2011). Teaching And Learning Strategies. Bandung: Pustaka Setia).

Hodosyová, M., Utla, J., V, P., & Lapitkova, V. (2015). The Development Of Science Process Skills In Physics Education. The Development Of Science Process Skills In Physics Education.

Hutagalung, F. M., N. R., & Koto, I. (2020). Upaya M,Eningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah M,Enggunakan Video Pembelajaran Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Kum,Paran Fisika.

Jupriyanto. (2018, July). Students' Critical Thinking Ability In Science Learning. Basic Education Scientific Journal, 5(2).

Khaerudin. (2014). Learning Media. Jakarta: Ministry Of National Education.

Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas IVSDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP.

Nasution, D., Harahap, P. S., & Harahap, M. (2018). Development Instrument's Learning Of Physics Through Scientific Inquiry Model Based Batak Culture To Improve Science Process Skill And Student's Curiosity. ICIESC-2017 IOP Publishingiop Conf. Series: Journal Of Physics.

Nugraha, M., Utari, S., Saepuzaman, D., & Nugraha, F. (2018). Redesign Of Students 'Worksheet On Basic Physics Experiment Based On Students' Scientific Process Skills Analysis In Melde's Law. 4th International Seminar Of Mathematics, Science And Computer Science Education IOP Publishing IOP Conf. Series: Journal Of Physics:.

R, M. A. (2016). Development Of Process Skills-Based Mfis. Journal Of Islamic Basic Education, 8(1).

Rahmat. (2012). Pengembangan Video Pembelajaran IPA (Fisika) Berbasis Pendekatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Untuk SMP/Mts. 2. Retrieved From Http://Digilib.Uin-Suka.Ac.Id

Ratna D, N. S. (2017). Critical Thinking Skills And Learning Process Skills. Journal Of Education, 6(1), 1.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bamdung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyono, E. (2014). Increasing Students' Critical Thinking Skills Using Science Learning Devices. Journal Of Pen Science, 1(2).

W, A., & Santosa. (2013). Application Of Guided Inquiry Learning To Science Process Skills. Journal Of Biological Education, 5(1), 81-95.

Yunita, A, H., & R, S. (2019). Improve Students' Mastery Of Concepts With Physics Education And Technology (Phet) Simulation. Indonesian Journal Of Science Education.

Yusuf, A. (2015). Development Of Learning Media For LKS Based On KPS. Journal Of Science And Physics Education, 111(1).

Zulfiani. (N.D.). Learning Strategies. Jakarta: Research Institute Of UIN Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.70-76

Article Metrics

Abstract view : 999 times
PDF - 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.