PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KOMPETENSI BELAJAR IPA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS DI KELAS VII MTs. MUHAMMADIYAH 22

Mutiara Lubis

Abstract


Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya aktivitas dan kompetensi belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini terlihat pada nilai aktivitas, ulangan harian, kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan belajar siswa masih di bawah indikator keberhasilan 80%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kompetensi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS pada mata pelajaran IPA kelas VII MTs.
Muhammadiyah 22 Padangsimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang dilaksanakan bulan Nopember 2014. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah
22 Padangsidimpuan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dibantu oleh 2 orang observer. Data penelitian diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi, catatan lapangan dan wawancara. Data kuantitatif diperoleh melalui tes pengetahuan, observasi aktivitas, kompetensi sikap dan keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada masing-masing aspek yaitu dari hasil pengamatan aktivitas  siswa siklus I memperoleh hasil 73% kriteria kurang aktif. Pada siklus II pengamatan aktivitas menunjukkan peningkatan menjadi 90% kriteria aktif dan telah mencapai indikator keberhasilan. Aspek pengetahuan pada siklus I
memperoleh data 73% kategori tidak tuntas sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90% kategori tuntas. Aspek sikap menunjukkan perolehan data 77% predikat baik, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90% predikat sangat baik. Aspek keterampilan pada siklus I memperoleh data 70% predikat baik, meningkat pada siklus II menjadi 90% predikat sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi belajar siswa.
Key Word: Discovery Learning Model, Student Workset, Learning Competence



DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%25p

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 425 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.