PENGEMBANGAN DESAIN MODUL IPA TERPADU TERINTEGRASI PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMP

Windi Nur Jihan, Dyah Ayu Fajarianingtyas, Herowati Herowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain modul IPA terpadu terintegrasi pendidikan entrepreneurship terhadap keterampilan komunikasi. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, tahap design, tahap development, dan tahap dessimination. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPI Ar Raudhah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan lembar observasi keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa desain modul IPA terpadu terintegrasi pendidikan entrepreneurship yang dikembangkan memenuhi kriteria sesuai dan tercapai.


Keywords


Modul IPA terpadu, pendidikan entrepreneurship, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. R., Khusniati, M., & Ulfiatun. (2017).Efektivitas Penggunaan LKS IPA Terpadu Bervisi Salingtemas (Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat) Berbasis Science Entrepreneurship Terhadap Keterampilan Komunikasi Ilmiah dan Minat Berwirausaha Siswa. Pancasakti Science education Journal (PSEJ), 2(2), 74-88

Direktorat Pendidikan Agama Islam. (2020). Modul Pedagogik Pembelajaran Abad 21.

Hasanah, M., & Sari, R. (2019). KEWIRAUSAHAAN.

Hidayatullah, Z., Wilujeng, I., Nurhasanah, N., Gusemanto, T. G., & Makhrus, M. (2021). Synthesis of the 21st Century Skills (4C) Based Physics Education Research In Indonesia. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 6(1), 88. https://doi.org/10.26737/jipf.v6i1.1889

Hidayat, M.S., Rustaman, N. Y., Rahmat, A., & Redjeki, S. (2019). Perkembangan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Mahasiswa Dalam Perkuliahan Keanekaragaman Tumbuhan Melalui Inkuiri Berorientasi Entrepreneurship. Jurnal Mangifera Edu, 4(1).

Marfuah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26, 148–160.

Margunani., Hidayah, R., & Melati, I.S. (2016). The Influence Entrepreneurship Education on Student's Business. The International Journal Of Business & Management, 4 (5).

Mulyani, E., Suharyadi, Usman, H., Sejati, V., & dkk. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Kementrian Pendidikan Nasional.

Nadhiroh, P. S., & Pujiriyanto. (2020). Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Teknologi Pendidikan Dalam Mata Kuliah Kewirausahaan Berbasis Proyek. Jurnal EPISTEMA, 1(1).

Nofrion. (2018). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group

Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA Pada Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurrnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8(2).

Septyenthi, S., Lukman, A., & Yelianti, U. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Entrepreneurship di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v3i2.1893

Trisnawati, W., & Sari, Arini, K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Thiagarajan, S., Semmel, D. D. and Semmel, M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children A Sourcebook, ERIC. Indiana: ERIC, Availableat: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EDO90725.pdf.

Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura Journal Of Mathematics Education, 1(1).

Yusliani, E., Burhan, H. L., & Nafsih, N. Z. (2019). Analisis Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika Sma Kelas Xii Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/392




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.54-61

Article Metrics

Abstract view : 1340 times
PDF - 461 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.