EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY MELALUI LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Nurhasana Siregar, Rodiah Ulfah Lubis, Puspa Riani Nasution

Abstract


Pembelajaran yang memiliki efektifitas yang baik dapat ditinjau dari serangkaian kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektifitas pembelajaran ADI melalui lesson study terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian  ini kategori penelitian kualitatif dengan teknik analsisi data deskriptif presentasi (%) hasil belajar dan deskripsi pembelajaran ADI yang diterapkan melalui catatan lembar observasi, catatan observasi dan test pemahaman mahasiswa terdiri dari 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi praktikum mahasiswa meningkat dari LS-1 47,42% dan LS-2 79,01%, perolehan ini sama dengan peningkatan hasil tes pemahaman mahasiswa sekitar skor 80-90 sebanyak 10 orang. Peningkatan hasil belajar tersebut mengindikasikan penerapan pembelajaran ADI efektif, dan dari segi proses pembelajarannya adanya peningkatan pencapaian tujuan pembelajaran diantaranya sintesis, kerjasama, komunikasi dan kemandirian, selain itu dari waktu pelaksanaan semakin baik.


Keywords


efektif, hasil belajar, refleksi, lesson study.

Full Text:

PDF

References


Berk, R. A. 2005. Survey of 12 Strategies to Measure Teaching Effectiveness. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(1): 48-62.

Grooms, J., Enderle., P. & Sampson, V. 2015. Coordinating Scientific Argumentation and the Next Generation Science Standards through Argument Driven Inquiry. Science Educator, 24(1), 45-50.

Hobson, A. 2008. The Surprising effectivenees of colledge scientific Literacy Couses. The Physics Teacher, vol 46, 404-406. DOI: 10.1119/1.2981285

Komalia, Yuhelman, N., Utari, S., Olensia, Y., & Zainal, Y. 2014. Using Lesson Analysis as Teacher Self-Reflection at Daily Lessons. on 18-20 May 2014.

Murtono, Setiawan, A., Zainul, A., Rusdiana, D. 2014. Analisis Kesukaran Mahasiswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Fisika berdarkan representasi. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 5 (1): 92-98.

Ratnawati, D. 2019. Esensi Lesson Study di ERA 4.0, Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(1) 24-30.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M. & Rohman, F. 2017. Scientific Literacy of Students Learned through Guided Inquiry. International Journal of Research & Review, 234(5): 23-30.

Rochman, C., 2015. Analisis dan Kontribusi Kemampuan Konsep Dasar Fisika, Literasi Kurikulum Pembelajaran dan Psikologi Pembelajaran terhadap Kemampuan Penyususnan Lembar Kegiatan Peserta Didik, Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 8-9 Juni 2015, Bandung.

Rozak, A., Fauziah, E. 2013. Implementasi Lesson Study sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia di SMP Kabupaten Cirebon. Bahasa & Sastra, 13(1):1-14.

Siregar, N., Anggraini, R. 2020. Kemampuan Argumentasi IPA Siswa melalui Pembelajaran Argumentasi Driven Inquiry (ADI), Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2): 94-103. Doi: 10.24929/lensa.v10i2.113

Suratno, T., Iskandar, S., 2010. Teacher reflection in Indonesia: Lesson Learnt from a lesson Study Program. US-China Education Review, 7(12) 39-48.

Triyanto, S. A., Prabowo., C. A. 2020. Efektifitas Blended-Problem Based Learning dengan Lesson Study terhadap Hasil Belajar. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 13 (1): 42-48.

Walker, J.P., Sampson, V., Anderson., B., Zimmerman, C. O. 2012. Argumend-Driven Inquiry in Undergraduate Chemistry Labs: The Impact on Students’ Conceptual Understanding, Argument Skills, and Attitudes toward Science, Jurnal of college Science Teaching, 41 (4): 82-89.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.24-29

Article Metrics

Abstract view : 923 times
PDF - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.