PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 TANJUNG JABUNG TIMUR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Pembelajaran. Jakarta: Rineka. Cipta.
Adhetya, dkk. (2020). Semangat Motivasi Belajar Siswa SMA dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dalam Islam. Volume 3 No. 01 2020 p, 123-140.
Anni. Catharina. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Annurahman. 2014. Belajar dalam Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Langkah-Langkah Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azizah. (2015). Meningkatkan Konsentrasi serta Mengevaluasi Pembelajaran IPA menggunakan Mind Mapping Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(5), 1–13. https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007.
Ferismayanti. 2020. Meningkatka Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi Covid-19.
Firman, F dan Rahayu.S. 2020. Pembelajaran Online pada saat Pandem Covid-19. Indonesia Jurnal of Science Educational. Volume 02, Nomor 02, 81-89.
Fitriyani, Y., dkk 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Kependidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Volume 6, Nomor 2, 165.
Hung, M. L., Chou, C., Chen, C. H., & Own, Z. Y. (2010). Learner readiness for online learning: Scale development and student perceptions. Computers and Education, 55(3), 1080–1090. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.05.004.
Isman. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (MODA DARING). ISBN:978-602-361-045.
Karwono dan Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Loviana, S dan Baskara, W.N. 2020. Dampak Yang Terjadi Dalam Pemebelajaran Pandemi Covid-19 saat Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika IAIN. Metro Lampung: Epsilon. Vol 2 No.3. P-ISSN:2685-2519 e-ISSN:2715-6028.
Mustakim. 2020. Peningkatan Efektivitas Melalui Belajar Daring Memanfaatkan Media Online Disituasi Pandemi Covid-19 dalam Mata Pelajaran Matematika. Jurnal of Islamic Education. Volume 2, Nomor 1, 1-10.
Nasran, A dan Muafiah (2020). Analisis Motivasi Belajar Serta Hasil Belajar Daring Mahasiswa Disituasi Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 03 (2), (2020) 207-213.
Priyatno. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik Menggunakan Aplikasi SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil dalam Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sadikin, A dan Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring Ditengah Covid-19. BIODIK. Volume 6, Nomor 2, 109-119.
Saptono. 2013. Model Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum. Yogyakarta.
Saputro, E.S.T.U. 2020. Pembelajaran Kuliah disituasi Pandemik Covid-19 UKM-FP Penalaran. http:bem.trunojoyo.ac.id/2020/05/08/pembelajaran-kuliah- di- tengah-pandemik-covid-19.
Slameto. 2003. Belajar serta Gejala-Gejala yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. Nana. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung; PT REMAJA.
Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprihatinigrum. 2016. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta.
Trianto. 2013. Metode Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi melalui prakteknya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Windhiyana, E. 2020. Akibat covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Jakarta: Prespektif Ilmu Pendidikan.
Wahyu,A. 2020. Akibat Covid-19 Melalui Implementasi Pembelajaran Daring dalam Sekolah Dasar. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 April 2020. Halm 55-61. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v6i2.228-234
Article Metrics
Abstract view : 2496 timesPDF - 1222 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.