PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH PADA KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI

Dyah Ayu Fajarianingtyas, Jefri Nur Hidayat, Anik Anekawati

Abstract


Pembelajaran berorientasi masalah (PBM) menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang membangun komunikasi dan kolaborasi mahasiswa. Tujuan penelitian adalah (1) Apakah lembar kerja mahasiswa berorientasi pemecahan masalah valid? (2) Bagaimana hasil keterbacaan lembar kerja mahasiswa berorientasi pemecahan masalah? Subjek penelitian adalah mahasiswa Biologi Dasar. Penelitian ini menggunakan Research and Development. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan yang dikembangkan (Borg & Gall, 1983) Data validitas LKM diperoleh dari hasil analisis Content Validity Ratio (CVR). Data tingkat keterbacaan diukur menggunakan Teknik Uji Rumpang (TUR). Hasil penelitian bahwa validitas LKM biologi dasar berorientasi pemecahan masalah dinyatakan valid dengan interpretasi tinggi nilai CVR ≥ 1 (layak) baik ditinjau dari aspek isi, penyajian maupun penilaian pemecahan masalah. Rata-rata hasil validator sebesar 92% (kategori sangat baik), hasil produk pengembangan menunjukkan bahwa Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Biologi dasar berorientasi pemecahan masalah telah dilakukan secara benar dan sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah pada mahasiswa IPA di Universitas Wiraraja. Hasil uji keterbacaan LKM sebesar 100%; kategori mudah dipahami oleh mahasiswa.


Keywords


Lembar kerja mahasiswa pemecahan masalah

References


Abidin, Mulyani, Y., & Yunansah, T. (2018). PEMBELAJARAN LITERASI: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Abrahams, I. (2015). Laboratories, Teaching in. In R. Gunstone (Ed.), Encyclopedia of Science Education (pp. 559–561). Springer Science+Business Media. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2150-0

Association, N. E. (2012). Preparing 21st century students for a global society: An educator’s guide to the “Four Cs.” Alexandria, VA: National Education Association.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educationnal Research. London: Longman.

Center, P. P. R. (2010). 21st Century Skills for Students and Teachers. Honolulu: Kamehameha Schools. Research & Evaluation Division. Research & Evaluation Division.

Corrigan, D., Buntting, C., Dillon, J., Jones, A., & Gunstone, R. (2015). The Future in Learning Science: What’s in it for the Learner? Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-16543-1

Fernández-Jiménez, C., Fernández-Cabezas, M., Polo Sánchez, M. T., & Díaz Batanero, M. C. (2019). Autonomous work and skill learning strategies applying problem-based learning: Experience of innovation in subjects related to disability. Innovations in Education and Teaching International, 56(5), 617–627.

Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(3).

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 38–46.

Lubis, R. R., Irwanto, I., & Harahap, M. Y. (2019). Increasing Learning Outcomes and Ability Critical Thinking of Students Through Application Problem Based Learning Strategies. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6), 524–527.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48–55.

Nelson, J. L., Palonsky, S. B., & McCarthy, M. R. (2013). Critical issues in education: Dialogues and dialectics (8th ed.). Waveland Press, Inc.

Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Bahan ajar berbasis problem based learning pada materi gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 208–218.

Oktaviani, A. N., & Nugroho, S. E. (2015). Penerapan Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran Kalor untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(1).

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Diva Press.

Richard I. Arends. (2015). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Risdianti, E., & Bharata, H. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(3), 322–333.

Sevian, H., Hugi-Cleary, D., Ngai, C., Wanjiku, F., & Baldoria, J. M. (2018). Comparison of learning in two context-based university chemistry classes. International Journal of Science Education, 40(10), 1239–1262.

Simon, E. J., Dickey, J. L., Hogan, K. A., & Reece, J. B. (2016). Essential Biology. United States of America, Pearson Education, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v6i2.215-221

Article Metrics

Abstract view : 1220 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 600 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.