PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Takwa Takwa, Sitti Mania, Andi Ika Prasasti Abrar, Fitriani Nur, Lisnasari Andi Mattoliang

Abstract


This study aims to develop mathematics teaching materials based on discovery learning models on the subject of sequences and series. This type of research is Research & Development (R&D). The development model used is the model proposed by Plomp which consists of the initial investigation phase, the design phase, the realization phase and the evaluation and revision test phases. The test subjects in this study were students of class XI MAN 1 Makassar. The instruments used in this study were the expert validation sheet, the observation sheet of the teacher's ability to manage learning, the student activity observation sheet, the student response questionnaire, the teacher response questionnaire and the conceptual understanding test. Based on the results of the trials conducted, it was found that the teaching materials developed met the valid, practical, and effective criteria.


Keywords


teaching material development; discovery learning; sequence and series

Full Text:

PDF

References


Aliah, S. N., dan Bernard, M. 2020. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berbentuk Cerita pada Materi Segitiga dan Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111–118. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9325.

Ariana, D., Situmorang, R. P., dan Krave, A. S. 2020. Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34–46. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381.

Baro’ah, S. 2020. Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.

Fajri, M. 2017. Kemampuan Berpikir Matematis dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1884.

Ferawati, dan Suhendri, H. 2020. Efektivitas Model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 111–120. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i2.7969.

Liestya, A. D., Muchlis, E. E., dan Agustinsa, R. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Model Discovery Learning dan Ekspositori Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 103–112.

Mayang, H. R. 2020. Peran Pengawas Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Kota Bandung Provinsi Jawa Barat). Jurnal Menata, 3(2), 1–20.

Negara, H. S. 2015. Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (SD) melalui Reciprocal Teaching. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 138–149.

Pasaribu, E. Z., Ritonga, M. W., Watrianthos, R., dan Hidayah, M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Rantau Selatan. Maju, 7(2), 212–220.

Puspita, S. K., dan Mudrikah, A. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Segitiga dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Peserta Didik SMP. UJMES, 04(01), 28–35.

Rakfah, N. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning untuk Menumbuhkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=79233

Sahrul, Yuanita, P., dan Maimunah. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 626–636. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.277.

Siska, Y., dan Surya, E. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP IT Nurul Fadhila Percut Sei Tuan. https://www.researchgate.net/publication/325396489.

Sugiyanto, dan Wicaksono, A. B. 2020. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA pada Kompetensi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(2), 354–359. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i2.2337.

Sumarni, T. 2020. Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 1 Painan. Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia, 2(3), 56–61.

Supriyati, T. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Melakukan Operasi Aljabar pada Mata Pelajaran Matematika melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 2 Kecamatan Ponorogo. Jurnal Refleksi Pembelajaran, 5(3), 56–63.

Sutrisno, Happy, N., dan Susanti, W. 2020. Eksperimentasi Model Discovery Learning terhadap Prestasi dan Minat Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 580–590. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2804.

Wadekaningsih, A., Koeswanti, H. D., dan Giarti, S. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v6i2.193-201

Article Metrics

Abstract view : 1473 times
PDF - 600 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.