EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Fersylia Marinda, Alif Luthvi Azizah, Rabiyatul Adawiyah Siregar, Nelly Astuti

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 2 Gondangrejo. Metode dalam penelitian ini  menggunakan  metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VA dan VB yang berjumlah 47 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling purposive yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan  menggunakan rumus regresi linear sederhana dan menunjukkan hasil nilai Fhitung ≥ Ftabel (8,96 ≥ 4,30) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPAS peserta didik  kelas V SD Negeri 2 Gondangrejo.


Keywords


hasil belajar, IPAS, model pembelajaran inkuiri terbimbing

Full Text:

PDF

References


Afifah, R. N. (2019). Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Realia Media To Improve Students’ Result Learning.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik (Edisi Revisi VD). PT Renika Cipta. Jakarta.

Fadhlan, A. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SDN 12 Malaka Kabupaten Pangkep. Universitas Negeri Makassar.

Fitri, E. M., Elindra, R., dan Siregar, R. A. 2020. Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 23-27.

Muncarno. (2017). Cara Mudah Belajar Statistika Pendidikan. hamim group.

Rizal, M. K. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA pada Pembelajaran Terpadu Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. Universitas Lampung.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Wijayanti, D. I., dan Ekantini, A. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 8(2), 2100-2112. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597

Wulan, D. A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.%25p

Article Metrics

Abstract view : 307 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.