SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET BERBASIS WEB PADA ATV ADVENTURE KOTA PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Proses pemesanan tiket pada ATV Adventure Kota Padangsidimpuan masih dilakukan secara on site, sehingga pemesanan tiket tidak dapat dijangkau oleh pelanggan yang tidak melakukan kunjungan. Selain itu, tidak tersedianya rekap transaksi tiket menjadikan proses pelaporan tidak berjalan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem agar pengelolaan tiket pada ATV Adventure Kota Padangsidimpuan dapat berjalan secara optimal, efektif, dan efisien. ATV Adventure Kota Padangsidimpuan merupakan salah usaha yang bergerak dalam bidang jasa rental unit ATV (All-Terrain Vehicle). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan tinjauan literatur, pengumpulan data, wawancana, dan analisa sistem. Metode pendekatan sistem yang digunakan adalah metode pendekatan berbasis objek/Object Oriented Programming (OOP). Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode agile. Hasil dari penelitian ini adalah suatu sistem informasi pemesanan tiket yang mampu mempermudah proses pemesanan tiket dan pengelolaan tiket pada ATV Adventure Kota Padangsidimpuan agar terkelola dengan lebih efektif dan efisien. Adapun sistem yang dibangun menggunakan Laravel Framework sebagai kerangka kerja dan berbagai vendor aplikasi (third-party) dalam mendukung berjalannya aplikasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan adanya sistem informasi pemesanan tiket pada ATV Adventure Kota Padangsidimpuan, diharapkan dapat mempermudah Pelanggan dalam memesan tiket tanpa perlu melakukan kunjungan secara langsung untuk memperoleh tiket, tetapi hanya perlu mengakses sistem yang telah dibangun dan proses pemesanan tiket sangat mudah untuk dilakukan, serta pengelolaan pemesanan tiket dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adani, M. (2023, Juni 14). Metode Agile Development dalam Pengembangan Perangkat Lunak. Retrieved from Sekawan Media: https://www.sekawanmedia.co.id/blog/metode-agile-development/
Fauzan, R., & Rahayu, M. (2017). Sistem Informasi Jadwal Suntik KB Berbasis Dekstop dengan SMS Gateway di BPM Delima Tampubolon. Jurnal Teknologi dan Informasi, 7(1).
G.H., B., & W. S., H. (2006). Sistem informasi akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Muslim, M., & Retno, N. (2014). Implementasi Cloud Computing Menggunakan Metode Pengembangan Sistem Agile. Scientific Journal of Informatics, 1(1).
Sari, A. (2023, Juli 26). Apa itu Agile? Tujuan, langkah, dan Contoh Metode Agile. Retrieved from FIKTI UMSU: https://fikti.umsu.ac.id/apa-itu-agile-tujuan-langkah-dan-contoh-metode-agile/
Sauptri, Z., Oktavia, A., Ramdhani, L., & Suherman, A. (2019, Maret). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Web pada Cafe Surabiku. Jurnal Teknologi dan Informasi, 9(1).
Subatri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Penerbit Andi.
Wahyono, T. (2004). Sistem informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.262-269
Article Metrics
Abstract view : 513 timesPDF - 71 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.