PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui keberhasilan penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X DKV 2 SMK Negeri 10 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil asesmen sumatif. Berdasarkan dari hasil asesmen diagnostik yang telah dilakukan menunjukkan hasil sebesar 61,32%. Setelah dilakukan tindakan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dilihat dari hasil asesmen sumatif pada siklus I yaitu 73,86%. Kemudian jika dilihat dari hasil asesmen sumatif pada siklus II mendapat hasil sebesar 84,75%.. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas X DKV 2 SMK Negeri 10 Medan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adan, S. I. (2023). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol 1, 76~86.
Abrori, A. N., & Sumandi, C. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDM Morkoneng 1. Lencana : Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, Vol 1, 296-315.
Asyifa, N., Azizah, P., & Tania, V. (2024). Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolag Dasar. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, Vol 2, 244-252.
Cahayaningsih , B. M., Intiana, S. R., & Hidayat, R. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Bahasa. Jurnal Bastrindo (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia).
Fatonah, S., Damayani, A. T., Arif, A., & Murniati, N. A. (2024). Efektivitas Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD N Pedurungan Kidul 02. Jurnal Pendidikan Tambusai , 33166. Fian, K., & M.
Misbah. (2023). Studi Analisis Model Pembelajaran Pai Abada 21 Berbasis Multiple Interlingences. Al-ikhtibar : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 10, 48-67.
Fitriah, L., Gaol, M. E., Cahyati, N. R., Yamaila, N., Maharani, N., Suryanah, & Irani, T. I. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DI SEKOLAH DASAR. Journal Of Language, Literrature, And Art, 4, 644.
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 18(2), 218–229.
https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224
Girsang, B., Maryati, I., & Nasution, U. (2024). Penerapan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan CRT. JMES (Journal Mathematics Education Sigam ), 163.
Gondo, R., & Mbaiwa, J. E. (2022). Agriculture. In The Palgrave Handbook of Urban Development Planning in Africa (pp. 75–103). https://doi.org/10.1007/978-3-031-06089- 2_4
Hariyani, S. (2024). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Buletin Pengabdian Multidisiplin, 1(1), 51–55. https://doi.org/10.62385/budimul.v1i1.97
Hasibuan, I. S., Siregar, N., Lubis , J. A., & Nasirsah. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), Vol 6, 185-191.
Hayatii, R., Auliaii, S. S., & Ratnaningsih, S. R. (2020). Upaya Peningkatan Aktivitas Guru Dan Siswa Beserta Respon Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Profersi Guru, 868.
Hamzah, A. (2019). Metode penelitian dan pengembangan Research dan development. Malang: Literasi Nusantara.
Hastri, Wardarita, R., Fitriani, Y., & Rukiyah, S. (2022). Kontribusi Profil Pelajar Pancasia Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Vol 1, 100.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, Vol 7, 5-11.
Jannah, S. R., Munandar, K., Wadiono, G., & Aisah, D. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi dengan Model PjBL dan Pendekatan CRT. Jurnal Biologi, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1994
Kurniasih, Imas, & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Lanos, M. E., & Lestari, H. (2022). Development of pencak silat gym learning. Journal of Physical Education, Health and Sport, Vol 9, 7 - 11.
Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Teks Cerita FantasiMelalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education ActionResearch, Vol 5, 165-170.
Putra, , B. P., Arianti, A., & Alim, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menyimak Teks FiksiMenggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learningdi Sekolah Dasa. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya (Protasis), Vol 2, 140-148.
Saputra, J. (2015). Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan E-Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa.
Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5 No 2, 77–87. https://doi.org/10.23969/pjme.v5i2.2536
Shahnaz Surayya, Patonah, S., & Sumiyatun. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 214–222. https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22504
Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.140-148
Article Metrics
Abstract view : 1133 timesPDF - 337 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.