PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar matematika berbasis komik digital untuk meningkatkan minat belajar siswa, (2) untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk bahan ajar matematika berbasis komik digital untuk meningkatkan minat belajar siswa, (3) untuk mengetahui tingkat keefektifan bahan ajar matematika berbasis komik digital untuk meningkatkan minat belajar siswa (4) untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis komik digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 17 Medan dan objek penelitian ini adalah bahan ajar berbasis komik digital untuk meningkatkan minat belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validasi ahli materi sebesar 84,2% dan validasi ahli media sebesar 91,6%. (2) Produk yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan hasil angket respon guru sebesar 81,8% dan hasil angket respon siswa sebesar 81,5%. (3) Produk yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan hasil angket respon siswa terhadap efektivitas bahan ajar berbasis komik digital sebesar 85,1% dan hasil tingkatan minat belajar dari 49,7% menjadi 85,1% . (4) Peningkatan minat belajar siswa dimana kegiatan belajar sebelum menggunakan bahan ajar berbasis komik digital (pretest) dalam kriteria rendah dengan rata-rata sebesar 148,25 (persentase 49,7%) dan meningkat setelah menggunakan bahan ajar berbasis komik digital (posttest) dengan rata-rata sebesar 256 (85,1%) dan perhitungan menggunakan rumus N-gain menghasilkan peningkatan minat sebesar 0,69.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2).
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364-370.
Batu-Bara, Y. A., Zetriulista., Dahlia, Z., & Effendi, L. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-Comic Aritmatika Sosial Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Derivat, 8(1).
Cholilah, M., Tatuwo, A. G., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 57-66.
Dewi, F. R., & Setyaningtyas, E. W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Interaktif untuk Memperkuat Kemampuan pada Materi Pengukur Panjang dan Berat Kelas II SD. Jurnal Basic Edu, 6(5).
Farapatana, E., Anwar, Y. S., & Abdillah, A. (2019). Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(1), 01.
Febrianti, S., Aniswita., & Fernandes, R. (2023). Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XII TKJ di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Fitri, S. F. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1617-1620.
Hasibuan, N. H., Gusmania, Y. & Rahman, S. (2022). Efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Kodular untuk Kemampuan Pemahaman Literasi Matematika Siswa SDS Edustar. Jurnal ABSIS, 4(2).
Hilmi, 2020. Evaluasi Bahan Ajar Cetak Bahasa Arab untuk Tingkat Madrasah Aliyah. 9(2), 95-96.
Ibrahim, A., Haq, A. A., Baharuddin., Aswar, M. A. & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
Jenny Sisqa Andriyani (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika E-Komik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. Skripsi, Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Farmawati Sukarno, Bengkulu.
Kurniawati, F. N. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Jurnal Academy of Education, 1-13.
Kusumadewi, R. F., Ulia, N., & Sari, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komik Digital untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.
Mudlofir, A. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajagrafindo.
Munawwarah., Putri, S. E., Ilyas, N. M., Side, S., & Zubair, S. (2023). Book Creator Sebagai Aplikasi dalam Menyusun Media Pembelajaran Interaktif bagi Calon Guru Profesional. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(1).
Nieveen, N. (2007). Formative Evaluation in Educational Design Research dalam An Introduction to Educational Design Research (Ed). Disampaikan dalam seminar di East China Normal University, Shanghai, 23-26 November 2007.
Ntobuo, N. E., Arbie, A. & Amali, L. N. (2018). The Development of Gravity Comic Learning Media Based on Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2).
Nugroho, S. dan Ali Shodiikin. (2018). Keefektifan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 22-32.
Nurhayati, Ida. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, (1).
Pardimin, & Widodo, S. A. (2017. Development Comic Based Problem Solving in Geometry. Internasional Electronik Journal of Mathematics Education, 12(3), 233-241.
Purwitama, A. N. (2017). Pengembangan Media Komik Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Kelas VII. Simki-Techsain, 1(1).
Rahmani, A., heryadi, Y., & Sa`adah, L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 6(1).
Rahmi, I., Nurmalina., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1).
Rusmayana., Kamaluddin. & Hamka. (2023). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berbasis Komik Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDIT Takwa Cendekia Makassar, Shaut Al-Arabiah, 11(1).
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana: Jakarta.
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3).
Shomad, M. A., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Journal of Technology Mathematics And Social Science, 2(2).
Siregar, N., Suherman, S., Masyukur, R., & Ningtias, R. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11-19.
Subroto, E. N., Qohar, A. & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.
Sugria, F. A., Mawardi, A. & Suryani, O. (2023. Pengembangan Bahan Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Bentuk Molekul Fase F SMA/MA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(1).
Suhandi, A. M., & Robiāah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 5936-5945.
Utami, A. D., Zainuddin, M., Anggriani, A., Aulia, M. T., Salsabila, N., & Pratama, R. B. P. (2023). Pengembangan E-Comic untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Pecahan. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(1).
Utami, K. B. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berupa CD-Interaktif dengan Macromedia Director untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 6(1).
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Research and Development Journal of Education, 185-201.
Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiani. & Suwahono. (2021). Cerculer Model of RD&D:Model RD&D Pendidikan dan Sosial. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.200-205
Article Metrics
Abstract view : 490 timesPDF - 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.