PERBEDAAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN VIDEOSCRIBE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan Teams-Games-Tournaments (TGT) di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan sampel siswa kelas VIII-5 dan VIII-6 sebanyak 72 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes Pengetahuan Awal Matematika (PAM) dan tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis menunjukkan rata rata nilai tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa yang diajar dengan model Numbered Heads Together adalah 80,91 dengan simpangan baku 5,31, sementara siswa yang diajar dengan model Teams-Games-Tournaments memiliki nilai rata-rata 77,3 dengan simpangan baku 6,9. Uji hipotesis menggunakan uji t 3 104 34 61 menghasilkan π‘βππ‘π’ππ = 2,48 yang lebih besar dari π‘π‘ππππ = 1,66 sehingga π»0 ditolak. Ini berarti siswa yang diajarkan dengan model Numbered Heads Together memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik dibandingkan dengan model Teams-Games-Tournaments. Penelitian ini menyarankan agar guru menggunakan model Numbered Heads Together untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan memberikan perhatian lebih dalam proses belajar kooperatif. Penelitian lanjutan diharapkan dapat mengeksplorasi efektivitas model ini di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Β
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adjie. (2006). Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia.
Air, J., Oakland, E., & Walters, C. (2014). Video Scribing : How Whiteboard Animation will Get You Heard. Sparkol Books.
Apriawan, A., & Ningsih, D. P. (2022). Sistem Sosial Model Pembelajaran Problem Solving dalam Menumbuhkan Kesadaran dan Inklusi Sosial Siswa IPS MAN 2 Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4), 2591β2597. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3753/http
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti, Ed.). Bumi Aksara.
Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28β32.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Astutik, P., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Model Pembelajaran Numbered Head Together dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 154β168. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
Aulina, F., & Hasibuan, E. K. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 154β163. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7966
Bell-Gredler, M. E. (1986). Learning and Instruction: Theory into Practice. Macmillan.
Branca, N. A. (1980). Problem Solving as A Goal, Process, and Basic Skills in Problem Solving Mathematics: 1980 Yearbook (S. Krulik & R. E. Reys, Eds.). NCTM.
Charles, R., Lester, F., & OβDaffer, P. (1987). The Analytic Scoring Scale: How to Evaluate Progress in Problem-Solving. National Council of Teachers of Mathematics.
Erita. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII SMK Nusatama Padang. ECONOMICA : Journal of Economic and Economic Education, 6(1), 72β86. https://doi.org/10.22202/economica.2017.6.2.1941
Erlinda, Y. H. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Roda Keberuntungan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Candi 01 Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(1), 95β104.
Firdaus, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Formatif, 6(2), 93β99.
Gibson. (1996). Organisasi. Binarupa Aksara.
Hamdayana, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.
Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 13β26. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika? Percetakan EDIRA.
Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108β115. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang.
Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.
Istarani, & Ridwan. (2015). 50 Tipe, Strategi, dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Media Persada.
Jiwangga, E., & Hidayati, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).
Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kagan Cooperative Learning. Kagan Publishing.
Khoiriah, D. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Pembentukan Nilai-Nilai Kerjasama dalam Pembelajaran Permainan Hoki. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 27β37.
Lefudin. (2017). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.
Lencher, G. (1983). Creative Priblem Solving in School Mathematics. Glenwood Publication Inc.
Lestari, K. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran M-APOS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 3(1).