EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI BERBASIS KONTEKSTUAL : PPT, RODA PINTAR TRIGONOMETRI, DAN KUIS DIGITAL PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Kanaka Wirasana Pradityo, Indriyani Friska Tinambunan, Yunisyia Puji Astuti, Aulia Eka Putri, Kairuddin -

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media pembelajaran trigonometri interaktif menggunakan PowerPoint, Trigonometry Pintar, dan Quizizz. Penelitian ini berfokus pada membantu siswa XI SMA memahami konsep trigonometri dengan lebih mudah, relevan, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE untuk penelitian dan pengembangan, yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa meskipun media pembelajaran meningkatkan keterlibatan siswa, pengalaman pembelajaran secara keseluruhan tidak optimal, dengan hanya 45% siswa yang mencapai kriteria minimum. Studi ini berkontribusi pada pengembangan media pembelajaran matematika yang inovatif dan efektif.

 


Keywords


media pembelajaran; trigonometri; kontekstual; PowerPoint; roda pintar trigonometri; Quizizz; penelitian dan pengembangan (R&D)

Full Text:

PDF

References


Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586

Angelina, C., Siregar, J., Alfiyyah, S., Kusnadi, A., Jannah, M., & Wardani, S. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar untuk Materi Trigonometri. Journal of Instructional Development Research, 2(2), 81–94.

Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621

Daeng, S., Bahari, U., & Fadillah, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Diferensiasi Dalam Materi Perbandingan Trigonometri Di Kelas X Ma Mathla`Ul Anwar Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 5(2), 646–653. http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1929/%0Ahttp://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1929/3/BAB II SAENI.pdf

Gusmania, Y., Agustyaningrum, N., & Hasibuan, N. H. (2022). Pengembangan Modul Trigonometri Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa the. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 12(1), 11–26.

Halim, A., & Hadi, M. S. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8333–8341.

Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., & Setiani, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kontekstual Melalui Metode Guided Discovery Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 31. https://doi.org/10.24853/fbc.3.1.31-44

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nurwahid, M., & Ashar, S. (2023). Media Pembelajaran Panganmewah dan Jargon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 221–234. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.2935

Rachmawati, A. D., Baiduri, B., & Effendi, M. M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 540. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Uyun, Q. (2022). Pengembangan Media E-Book Audio Visual Menggunakan Flipbook Materi Trigonometri Kelas Xi Ipa Berbasis Hybrid Learning. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i1.827

Veranita, P., & Setyadi, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran “Mathjong Trigonometri” pada Pembelajaran Matematika Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2846–2856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.746

Zulbryanti, A. C., Wahyudi, W., & Nurhidayah, D. A. (2022). Ropitri: Media Pembelajaran Matematika Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 300. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14160

Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586

Angelina, C., Siregar, J., Alfiyyah, S., Kusnadi, A., Jannah, M., & Wardani, S. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Berputar untuk Materi Trigonometri. Journal of Instructional Development Research, 2(2), 81–94.

Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621

Daeng, S., Bahari, U., & Fadillah, S. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Diferensiasi Dalam Materi Perbandingan Trigonometri Di Kelas X Ma Mathla`Ul Anwar Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 5(2), 646–653. http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1929/%0Ahttp://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/1929/3/BAB II SAENI.pdf

Gusmania, Y., Agustyaningrum, N., & Hasibuan, N. H. (2022). Pengembangan Modul Trigonometri Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa the. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 12(1), 11–26.