PENGARUH PENGGUNAAN CLASSPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN KELAS VII

Eunike Pakpahan, Tiur Malasari Siregar

Abstract


ClassPoint merupakan media pembelajaran interaktif yang memiliki banyak fitur, khususnya pada fitur kuis interaktifnya yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tau tidaknya pengaruh penggunaan ClassPoint sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan minat belajar siswa SMP Negeri 17 Medan Kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitiian menggunakan pretest-posttest control group design danmenggunakan teknik random sampling untuk pemilihan sampel. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medanyang berjumlah 10 kelas. Sampel pada penelitian ini ada dua kelas yaitu, kelas VII-8 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-10 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing jumlah siswa dalam satu kelas 32 orang. Sehingga total sampel pada penelitian ini adalah 64 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket yang sudah divalidasi oleh ahli, yaitu 2 dosen pendidikan matematika UNIMED dan 1 guru matematika SMP Negeri 17 Medan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan IBM SPSS 25 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian yang didapat dengan uji hipotesis menggunakan uji-t (Independent Samle t-test) yang diperoleh signifikansi 0,000 < 0,050 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan hasil peneliitian yang dilakukan dengan analisis n-gain pada peningkatan minat yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 0,5120 (sedang) dan 0,0037 (rendah) pada kelas kontrol).Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan ClassPoint sebagai media pembelajaran terhadap penigkatan minat belajar siswa..

 

Kata Kunci: peningkatan minat belajar siswa, eksperimen semu, ClassPoint.

Keywords


peningkatan minat belajar siswa, eksperimen semu, ClassPoint.

Full Text:

PDF

References


Article, H. (2022). Pemanfaatan Media Digital Pada Guru Sd Di Kota Blitar. Jige, 250(2), 250–255..

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126

Firdaus, C. B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika di MTs Ulul Albab. Journal on Education, 2(1), 191–198. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.298

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Kurniawan, N. D., & Ika Yatri. (2022). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. 6–11.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v4i1.145

Sari, D. N., & Pratiwi, V. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Berbantuan Aplikasi Classpoint Pada Mata Pelajaran Layanan Lembaga Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan …, 3(2), 285–304.

Setiawan, I., Setiyanto, S., Kumalasari Nurnawati, E., Studi Sistem dan Teknologi Informasi, P., & Sains Dan Teknologi, F. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Memngembangkan Media Pembelajaran Interaktig Berbasis Tatap Muka Online Menggunakan Classpoint Di Sma Negeri 1 Karangpandan Karangnanyar. Jurnal PkM Pemberdayaan Masyarakat Hal : 1-12, 4(1), 1–12.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tanal, A. N., Rahma, P., Mahmud, H., & Al Hamdany, M. Z. (2023). Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik melalui Program Pelatihan Aplikasi Classpoint. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 102–113. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.386

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891

Yaatulo Hulu & Yakin Niat Telaumbanua. (2022). Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. educativo : Jurnal Pendidikan, 1(1), 283-290.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.42-48

Article Metrics

Abstract view : 333 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.