PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMP PERTIWI MEDAN
Abstract
Pendidikan karakter merupakan terobosan yang sangat baik diterapkan di sekolah. Dengan adanya Pendidikan karakter akan meningkatkan karakter siswa yang baik di sekolah dan tidak mengalami penurunan. Dalam hal ini, peneliti meneliti bagaimana penanaman Pendidikan karakter [ada siswa di SMP Pertiwi Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman Pendidikan karakter di SMP Pertiwi Medan. Tekhnik penelitian yang dilakukan adalah melalui wawancara terhadap guru PAI di SMP Pertiwi Medan, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan Pendidikan karakter di sekolah sangat diperlukan untuk ditanamkam ke setiap siswa. Dalam hal ini, peran orang-orang terdekatlah yang sangat dibutuhkan seperti orangtua, guru, teman dan lingkungan sekitar. Di SMP Pertiwi sendiri, memiliki bahwa upaya penanama Pendidikan karakter pada siswa yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan positif seperti diadakannya kegiatan ekstrakurikuler dan penanamn karakter lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, L. 2011. Character Education Integration in Social Studies Learning. Historia: International Journal of History Education. 12(2): 392-403.
Arif S. Sadiman, dkk. (2014). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Bialik, M., Bogan, M., Fadel, C & Horvathova, M. 2015. Character Education for 21st Century. Center for Curriculum Redesign. Boston
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional
Karabanova, O. A & Poskrebysheva, N. N. (2013). Adolescence autonomy in parentschild relation. Social and Behavior Sciences, 86, 621-628.
Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1887
Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Nasution, S. 2008. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Sudrajat, Ajat. (2014). Nilai-Nilai Budaya Gotong Royong Etnik Betawi Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Disertasi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Syaodih, N. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya
Widagdho, Djoko. dkk. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Zubaidah, S. 2019. Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika. 3(2):1-24
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.13-20
Article Metrics
Abstract view : 245 timesPDF - 123 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.