PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR AL- QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL- JAMALIYAH RASO

Siti Kholidah Marbun, Mujahiddin Sujarnas Pohan, Yusnidar Nasution

Abstract


Masalah mutu pendidikan masih menjadi penghalang utama reformasi metode pelajaran regional. Oleh karena itu, pemerintah melaksanakan macam-macam solusi untuk mengalahkan permasalahan pendidikan. Solusi yang disebut antara lain pembenahan program studi, pengembangan keunggulan tim pengajar, penerapan alat pendidikan, juga kegiatan sebagainya yang menopang keunggulan pengajaran masyarakat. Proses pembelajaran berjalan efektif apabila semua unsur pembelajaran disajikan secara utuh, termasuk guru, sekolah, kesempatan belajar dan metode atau strategi pembelajaran. Tujuan eksplorasi ini yaitu guna menangkap keterampilan pembimbing Al-Qur'an Hadits dalam menerapkan metode Peer Tutor dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MT. Ras Al-Jamaliyah. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode peer teaching guru Al-Qur'an Hadits terhadap minat belajar siswa terhadap prestasi belajar Al-Qur'an Hadits di MTs. Ras Al-Jamaliyah. Untuk mengetahui permasalahan dan upaya solusi guru Al-Qur'an Hadits dalam menerapkan metode peer tutoring dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MT. Ras Al-Jamaliyah. Alat eksplorasi yang dipakai dalam eksplorasinya ialah item posttest. Post-test adalah pembenaran yang dibagikan bagi kelompok yang dibimbing menggunakan metode tutor sebaya dan kelas yang tidak dibimbing, dalam hal ini menggunakan metode tutor sebaya.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto.‚ÄĚTeori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar". Cet Ke-1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

E. Mulyasa." Kurikulum Berbasis Kompetens"i (Konsep, Karakteristik, dan Implementasi), Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004, h. 82.

Arikunto."Manajemen Pendidikan."(Jakarta: Rineka Cipta, 1996)

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.368-375

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.