MANAJEMEN KURIKULUM DI PESANTREN NIHAYATUL AMAL RAWAMERTA

Yogananda Yogananda, Hinggil Permana

Abstract


Aspek yang terpenting dalam pelaksanaan pendidikan ialah kurikulum yang digunakan dalam lembaga pendidikan tersebut. kurikulum menjadi masalah yang mengambil banyak perhatian terutama dalam dunia pesantren. Dalam bukunya yang berjudul “Manajemen Kurikulum” Rusman menyatakan bahwa manajemen kurikulum merupakan suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum.Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen kurikulum di pesantren nihayatul amal Rawamerta, selain itu penelitian juga difokuskan pada aspek manajemen kurikulum pendidikan seperti perencanaan sampai evaluasi.Sedangkan pendekatan penelitian ini didasarkan pada pendekatan kualitatif, karena data yang diperoleh banyak disajikan dalam bentuk verbal. Dalam penelitian ini, ada tiga teknik yang digunakan dalam menggali data yang dibutuhkan, yaitu observasi langsung ke pesantren nihayatul amal untuk mengamati langsung, wawancara terhadap sekretaris pesantren guna mendapat peryataan langsung dari lapangan, dan juga dilakukan penggalian data melalui dokumentasi terkait kurikulum yang dilaksanakan. Hasil kajian yang dipaparkan diatas maka secara umum dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa perencanaan manajemen kurikulum yang ada di Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta yang dilakukan dengan analisa, observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam hal ini sudah menunjukan upaya yang baik selama perencanaan nya dan aktualisasi nya walaupun masih ada beberapa kelemahan yang harus diperbaiki agar berjalan optimal.


Keywords


Kurikulum, Manajemen, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Syarif A. Hamid.1996, pengembangan kurikulum, Surabaya:PT. Bina ilmu

Ganjar setyo w. (2020). Pentingnya manajemen kurikulum . Diunduh pada 30 Desember 2021, dari https://www.timesindonesia.co.id/read/news/301677/pentingnya-manajemen-kurikulum

J. Moleong. Lexy, 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Kosda Karya

Jhon W, Creswell, 1994, Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches, London, New Delhi: Sage Publication

Johnson, Mauritz, 1997, Intensionality in education, New York:Center for curriculum research and services

Khalid, R., Kasja, E. W. (2019). Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Internalisasi Karakter Di Pondok Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6 (II), 7-8.

Muhajir, Noeng, 2000, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Rake Sarasin.

Syarif A. Hamid.1996, pengembangan kurikulum, Surabaya:PT. Bina ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i2.209-213

Article Metrics

Abstract view : 355 times
PDF - 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.