STATUS ONTOLOGIS OBJEK/SUBJEK KAJIAN STUDI KEISLAMAN
Abstract
Studi Keislaman sebagai sebuah disiplin ilmu tentu memiliki objek/subjek kajian tertentu. Sebagai bagian dari Disiplin Studi-Studi Keagamaan (Discipline of Religious Studies ), Studi Keislaman (Islamic Studies) memfokuskan kajiannya pada aspek-aspek keislaman yang terdiri dari dimensi normativitas kewahyuan dan historisitas keberislaman. Secara filosofis, kedua dimensi itu memiliki keunikan dan status ontologisnya masing-masing. Jika dimensi normativitas kewahyuan lebih bercorak realitas spiritual etik, maka dimensi historisitas keberislaman bercorak lebih bercorak realitas rasional-empirik. Namun, dalam pengkajiannya secara komprehensif, kedua dimensi itu sering saling berjalin kelindan. Artinya, realitas normativitas spiritual etik tidak jarang pengkajiannya dikaitkan dengan latar belakang sejarah turunnya wahyu (asbâb al-nuzûl/asbâb al-wurûd), sementara pengkajian aspek realitas rasional-empirik juga tidak terlepas dari latar pemahaman umat Islam terhadap ajaran/doktrin kewahyuan atau prinsip-prinsip ijtihad. Jadi, secara ontologis, objek/subjek kajian Studi Keislaman itu bercorak komprehensif-multidimensional.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, M. Amin. Studi Agama Normativitas atau Historisitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
---------Falsafah Kalam di Era Postmodernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.
Abû `Azîz, Sa`îd Yusûf Mahmûd. Mausû`ah al-Akhlâq al-Islâmiyyah. Mesir: al-Maktabah al-Taufîqiyyah, t.t. Jilid ke-1.
Al Chaidar, “Pemetaan Kelompok Islam Radikal di Indonesia” , dalam www.scribd.com.
Amin, Ahmad. Fajr al-Islâm. Kairo: Maktabah al-Nahdah al-Mishriyyah, 1965.
Bolesti, Maria. Barbarism and Its Discontents, (Stanford University Press, 2013).
Encyclopædia Britannica 15th ed. "Civilization", Vol. II, (1974).
Ibn Manȥūr, Abû al-Fadl Jamâl al-Dīn Muhammad. Lisân al-`Arab. Bairut: Dâr Şadri, 1990.
`Imârah, Muşţafâ Muhammad. Jawâhir al-Bukhârî wa Syarh al-Qisţallânî. Kairo: Maţba`ah al-Istiqâmah, 1371H.
--------Jawâhir al-Bukhârî. Kairo: Mathba`ah al-Istiqâmah, 1371H.
Jauziyyah (al), Ibn Qayyim Tahzîb Ma`ârij al-Sâlikîn. t.tp.: t.pn. tt.
Khallaf, Abdul Wahab. `Ilm Ușül al-Fiqh. Kairo: Maţba`ah al-Nashr, 1956.
Maududi (al), Abu A`la. Moralitas Islam, Penerjemah A.R. Zainuddin. Jakarta: Publicita, 1971.
Middleton, John. “The Religious System”, dalam Raul Naroll dan Ronald Cohen (ed.), A Handbook of Method in Cultural Anthropology. New York: Columbia University Press, 1973.
Mudzhar, Atho`. Pendekatan Pengkajian Keislaman dalam Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Muslim, Abu Dawud, dan al-Nasa`i. Al-Ahâdîś al-Qudsiyyah. Lebanon: Dâr al-Fikr, 1403H/1983M.
Naisâbûrî (al), Abû Abdullâh Muhammad ibn Abdullâh al-Hâkim. Al-Mustadrak `alâ al-Şahîhain. Bairut: Dâr al-Kutub al-`Ilmiyyah, 1411H/1990M. Juz ke-1.
Şaliba, Jamîl. Al-Mu`jam al-Falsafî. Mesir: Dâr al-Kitab al-Mişrî, 1978. Juz ke-1.
Sholikin, Muhammad. 17 Jalan Menggapai Mahkota Sufi Syaikh ‘Abdul Qadir Al-Jailan. Yogyakarta : Mutiara Media, 2009.
Syaifuddin, Achmad Fedyani. Konflik dan Integrasi, Jakarta:PT. Rajawali.1986.
Ţabarî (al), Tafsîr al-Ţabarî . Beirut: Dâr al-Fikr, 1398/1978. Jilid ke-12.
Wei, Ruan. "Civilization and Culture" dalam Globality Studies Journal (24), 2011. Felipe Fernández-Armesto, Civilizations: Culture, Ambition, and the Transformation of Nature, ( USA: Simon & Schuster, 2001).
Yustiono, dkk. (ed.), Islam dan Kebudayaan Indonesia, Jakarta: Yayasan Festival Istiqlal, 1993.
http://pendidikan- sosiologi.blogspot.com
https://tebuireng. online/kisah-dibalik-lahirnya-kitab-barzanji/
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i1.51-63
Article Metrics
Abstract view : 512 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 129 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.