PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH

Rini Agustini, Herlindyah Herlindyah, Rina Juliana, Rosmaimuna Rosmaimuna, Rawalan Harapan Gaja, Dedi Yuisman

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menentukan pengenalan huruf pada anak usia dini di RA Arafahmelalui model pembelajaran Talking Stick dengan menggunakan media papan flannel. Penelitian ini difokuskan pada pengaruh rendahnya kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di RA Arafah. Penelitian ini menggunakan metode kolaboratif dimana pada saat melakukan tindakan guru dan peneliti bekerja sama. Prosedur penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Data dalam penelitian ini berdasarkan hasil belajar siswa dalam mengenal huruf. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh dari observasi keterampilan guru dalam pembelajaran, aktivitas anak, dan catatan lapangan dalam proses pembelajaran mengenal huruf media papan flanel.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes yaitu observasi dan wawancara sedangkan analisis data yang digunakan reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Pada prasiklus sebelum mengalami tindakan mendapat 38%, siklus I pertemuan pertama mempereolehskor 58% disebabkan 7 anak sudah mampu mengenal dan mengucapkan huruf walaupun hanya 7-14 huruf saja dan mengalami peningkatan jumlah anak yang bertemu untuk kedua kalinya dan sudah banyak yang mengenal 15-20 huruf mendapatkan skor 64% dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan pertama 72%, pertemuan kedua 83% anak-anak dan sudah banyak mengetahui15-20 huruf dan anak yang yang mampu menyebutkan huruf ada 10 anak. Hasil penelitian menemukan bahwa penggunaan model pembelajaran tongkat bicara dengan media papan flanel membantu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf.


Keywords


Penerapan, Model Pembelajaran Talking Stick, Media Papan Flanel, Kemampuan Mengenal Huruf

References


A.Jacobsen, D., Eggen, P., & Kauchak, D. 2009. Methods for Teaching : Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Ade Irma Kurnia Dwi Putri, dkk, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Model Pembelajaran Talking Stick Disertai Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kokami Mata Pelajaran IPA dI SMP, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 5 No. 4.

Andreyani, Yeyen. 2014. Peningkatan Aktivitas Belajar Model Model Pembelajaran Talking Stick IPS Kelas VI SD. Tersedia pada: http: www.e-jurnal .com/2015/01 peningkatan-aktivitas-belajar- peserta_25.html.diakses

Cahya Ayu Astuti, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Model PembelajaranTalking Stick Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Jurnal Wacana Akademika Volume 1 No 2

Istarani. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kementerian Agama RI, 2018.Qur’an Asy-Syifaa’ Hafalan Terjemah dan Tajwid Berwarna Metode Tikrar. Bandung: PT. Sigma Examedia Arkanleena.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 146 Tahun 2014, 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Lembaran Negara RI Tahun

Harun Rasyid dkk. 2008.Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Multi Pressindo.

Iskandar, 2012. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat

Jasa Ungguh Muliawan, 2010.Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Gava Media.

Kisyani Laksono dan Tatag Siswono, 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Maimunah Hasan, 2009. RA (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press.

Martinis Yamin dan Jamilah Sabri Sanan, 2013. Panduan RA Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Referensi.

Meirza Nanda Faradita, 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Type Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 2 No. 1Ahttp://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD.

Ngalimun,2013. Strategi dan Model Pembelajaran . Yogyakarta: Aswaja Pressindo, Cet. Ke-II.

Ngalim Purwanto, 2006. Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press.

Novianti, Penerapan Model Talking Stick Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Pengolahan Data, Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan P- ISSN 2476-9312, Vol.5. No.2, 2019 E- ISSN 2614-5790

Nurbiana Dhieni, 2013.Media Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nyanyu Khodijah, 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Puspa Aggraini Wahyuningtyas, 2015. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Papan Flanel pada Anak Usia Dini di Tempat Penitipan Anak Bringharjo Yogyakarta”. Skripsi, Program Pendidikan Luar Sekolah UNY.

Seefeldt, Carol. dan Barbara A Wasik, 2008.Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta : Indeks.

Slamet Suyanto, 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Hikayat Publishing.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suriani Siregar, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa Konsep Sistem Indra, Jurnal Biotik, ISSN: 2337-9812, Vol. 3, No. 2, Ed. September

Vygotsky, L.S. 1978. Mind in Society. Cambridge: Harvard University Press.

Wasty Soemanto, 2012. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Yuhdi Munadi, 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Yuniarti, ”Motivasi Belajar Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Kurnia Pekanbaru”.

Zeliana Darniyanti, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B Melalui Media Audio Visual di RA TK Pertiwi Ngaru-Aru Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Surakarta, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i1.99-144

Article Metrics

Abstract view : 1548 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 302 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.