PEMBERDAYAAN GURU DAN DOSEN SEBAGAI TENAGA PROFESIONAL

Mulyadi Hermanto Nst

Abstract


Teacher and this lecturer as professional energy aim to to execute system education of national, upgrading and realizing the target of education of national, that is expanding educative participant potency it in order to become godfearing and religious human being to God Which Single The most have, august to behavior, healthy, bookish, capable, creative, self-supporting, and also become democratic citizen and hold responsible. Role of lecturer and teacher occupy very strategic position, that is: a) reconditional Agent; b) as fasilitator creating condition learn in child x'self; c) Be in control of creation result of learning educative subjek; d) for example byword; e) Hold responsible professionally improve its ability; and f) Respect code of etik professional.

Keywords


Pemberdayaan, guru dan dosen, profesional

Full Text:

PDF

References


Asnawir, Administrasi Pendidikan, Padang: IAIN IB Press, 2005

Baharuddin Ibn Jama’ah Al-Kanani, Tadzkirah al-Sami’wa al-Mutakallim fi Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim, Beirut: Dar ar-Ilmiyyah

Fadjar, A. Malik, Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005

Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007

Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Padang: IAIN-IB Press, 1999

Nurdin, Syafruddin, Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching, 2005

Pidarta, Made, Landasan Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, T.th

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005

Sabri, Ahmad, Strategi Belajar mengajar, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Sahertian, Piet A., Profil Pendidik Profesional, Jakarta: Andi Offset, 1994

Salam, Burhanuddin, Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Sudarwan, Inovasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002

Tilaar, A. R., Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005, Undang-undang Guru dan Dosen, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.

Siregar, Yani Sukriah, et al. "Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan." Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (2022): 69-75.

Siregar, Yani Sukriah, Rajab Ansori, and Lanni Kholilah. "PERAN KOLABORASI (PARTNERSHIP) GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI AKUNTANSI DI KELAS X. AKT. 1 SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN AJARAN 2021-2022." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9.4 (2022): 1505-1510.

Ansari, Rajab, et al. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI PADA KELAS VII SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 315-318.

Siregar, Yani Sukriah, Riski Baroroh, and Camelia Sipahutar. "PERANAN GURU DALAM ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI MATERI POKOK UANG DAN PERBANKAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SAYURMATINGGI." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 60-68.

Harahap, Andes Fuady Dharma, and Yani Sukriah Siregar. "Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Bidang Studi IPS Terpadu Materi Pokok Pengelompokan Sumber Daya Alam Di Kelas VII SMP Muhammadiyah Sibabangun Tahun Pelajaran 2018-2019." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 6.2 (2019): 227-232.

Yusmiati, Yusmiati, and Wahyudi Wahyudi. "PENGARUH SIKAP NASIONALISME TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKn MATERI PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.2 (2021): 413-417.

Yusmiati, Y., & Sari, S. (2021). PENERAPAN PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PKn MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 296-305.

Yusmiati, Y., & Dewi, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3155-3159.

Yusmiati, Y., & Insan, K. (2023). PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 BATAHAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 923-926.

Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.

Dongoran, P., & Simamora, A. S. (2022). PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3660-3663.

Baroroh, R., Sukriah, Y., & Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2764-2767.

Nasution, A. H., Sukriah, Y., & Harahap, A. F. D. (2021). PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 306-314.

Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3166-3177.

Ayurani, Isma, and Ferdiansah Ferdiansah. "PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.1 (2021): 152-161.

Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3).

Siregar, Adek Kholijah. "PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 6.2 (2022): 346-352.

Ummatin, Ana Rosyidatu, Rini Agustini, and Dedi Yuisman. "Pola Asuh Keluarga Jama’ah Tabligh Dalam Membina Keluarga Sakinah." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6.1 (2021): 109-125.

Agustini, Rini, et al. "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA PAPAN FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK PADA RAUDATUL ATHFAL ARAFAH." Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 7.1 (2022): 99-144.

Wahyuni, Sri, and Sigit Purnama. "Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2020): 103.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.346-358

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.