DAKWAH ‘AISYIYAH DALAM PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH

Samsidar Samsidar, Muksana Pasaribu, Mei Liza, Rawalan Harapan Gaja, Darliana Sormin, Rosmaimuna Siregar

Abstract


Dakwah dalam ajaran Islam merupakan proses perubahan sosial terencana yang bertujuan untuk menjadikan sarana dakwah menjadi lebih baik, baik dari segi rohani maupun kehidupan di dunia. Dengan dakwah manusia dapat belajar dan mengajar kebaikan kepada seluruh ummat. ‘Aisyiyah menjadikan dakwahnya untuk memberikan perubahan social kepada masyarakat agar dapat mewujudkan tujuan dari pernikahan itu sendiri yaitu menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah. Adanya program dakwah ‘Aisyiyah telah membuktikan bahwa mereka peduli dengan kehidupan rumah tangga dan kehidupan generasi muda yang akan datang. Ranting ‘Aisyiyah memiliki Program kegiatan salah satunya bidang dakwah. Kegiatan dakwah ini dilaksanakan oleh suatu tingkat kepemimpinan mulai dari tingkat ranting, cabang, daerah, wilayah dan pusat diseluruh Indonesia. Yang menjadi objek dalam pelaksanaan dakwahnya antara lain masyarakat, keluarga, muallaf, anak remaja serta kelompok khusus dengan menggunakan model dakwah yaitu  Dakwah Bil-Allisan, Dakwah Bil-Alkalam, Dakwah Bil-Alhal, Dakwah Jama’ah. ‘Aisyiyah melaksanakan dakwah kepada objek komunitas masyarakat atau kelompok-kelompok keluarga dalam masyarakat.  Pelaksana atau subjek dakwah pada organisasi ini adalah semua anggota ‘Aisyiyah mulai dari pimpinan dan juga tak terkecuali anggota-anggotanya. Usaha ini dilakukan demi  menciptakan keluarga Sakinah.  Kriteria keluarga sakinah adalah hidup rukun, tenang, dan saling cinta mencintai, saling kasih mengasihi, karena dibentuk berdasarkan tauhid, yaitu adanya kesadaran bahwa semua proses dan keadaan kehidupan kekeluargaan harus berpusat pada Allah SWT.  Keluarga sakinah diterapkan mulai pada proses pemilihan pasangan dalam proses pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan serta dalam proses pemecahan masalah yang dihadapi oleh suatu keluarga.


Keywords


Dakwah, ‘Aisyiyah, Pembinaan, Keluarga Sakinah

Full Text:

PDF

References


‘Aisyiyah, Pimpinan Pusat. 2015. Buku Panduan Organisasi Aisyiyah. Yogyakarta: PT. Persatuan.

‘Aisyiyah, Pimpinan Pusat. 2015. Pokok-Pokok Pikiran Aisyiyah Abad Kedua. Yogyakarta: Gramasurya.

‘Aisyiyah, Pimpinan Pusat. 2019. Tuntunan Menuju Keluarga Sakinah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Arifin, H.M. 1991. Psikologi Dakwah. Jakarta: Bumi Aksara.

Asad, Abdul Muhaimin. 1993. Risalaah Nikah Penuntun Perkawinan. Surabaya: Bintang Terang.

Basyir, Ahmad Azhar. 1996. Misi Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam. Yogyakarta: Sipress.

Dachlan, Aisyah. 1969. Membina Rumah Tanngga dan Peranan Agama dalam Rumah Tangga. Jakarta: Jamunu.

et al, Darliana Sormin. 2019. Program ‘Aisyiyah Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Menuju Islam Berkemajuan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam.

Hendropuspito, D. 2006. Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanius.

Illaihi, Wahyu. 2010. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.

Ismail, Ilyas. 2000. Paradigma Dakwah Sayyid Quthub Rekonstruksi Pemikiran Dakwah Harakah Cet.I. Jakarta: Pedoman

Mubasyaroh. 2003. M. Nasir dan Pandangan Tentang Dakwah. Jakarta, Jurnal Komunitas Penyiaran Islam.

Natsir, Muhammad. 1978. Fiqhud Dakwah. Jakarta: Dewan Dakwah Islamiyah.

Pengembangan Bahasa, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet I. Jakarta: Balai Puataka.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Majelis Tajih dan Tajdid. 2018. Himpinan Putusan Tarjih 3 cet I. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Ridwan, Muhamad Saleh. 2012. Keluarga Sakinah, Mawaddah Warahmah Cet.I. Makassar: Alauddin Perss.

Sahraeni, Andi. 2012. Bimbingan Keluarga Sakinah. Makassar: Alauddin University Press.

Shihab, Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran Cet. :I. Jakarta: Lentera Hati.

Zahrah, Muhammad Abu. 1999. Al-Dakwah Al-Islamiah. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.

Zaidan, Abdul Karim. 1980. Dasar-dasar Ilmu Dakwah. Bandung: Media Dakwah

Siregar, Yani Sukriah, et al. "Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan." Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (2022): 69-75.

Siregar, Yani Sukriah, Rajab Ansori, and Lanni Kholilah. "PERAN KOLABORASI (PARTNERSHIP) GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI AKUNTANSI DI KELAS X. AKT. 1 SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN AJARAN 2021-2022." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9.4 (2022): 1505-1510.

Ansari, Rajab, et al. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MATERI POKOK KEGIATAN EKONOMI PADA KELAS VII SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PELAJARAN 2020-2021." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 315-318.

Siregar, Yani Sukriah, Riski Baroroh, and Camelia Sipahutar. "PERANAN GURU DALAM ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI MATERI POKOK UANG DAN PERBANKAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SAYURMATINGGI." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.1 (2021): 60-68.

Harahap, Andes Fuady Dharma, and Yani Sukriah Siregar. "Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Bidang Studi IPS Terpadu Materi Pokok Pengelompokan Sumber Daya Alam Di Kelas VII SMP Muhammadiyah Sibabangun Tahun Pelajaran 2018-2019." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 6.2 (2019): 227-232.

Yusmiati, Yusmiati, and Wahyudi Wahyudi. "PENGARUH SIKAP NASIONALISME TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKn MATERI PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.2 (2021): 413-417.

Yusmiati, Y., & Sari, S. (2021). PENERAPAN PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PKn MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 296-305.

Yusmiati, Y., & Dewi, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3155-3159.

Yusmiati, Y., & Insan, K. (2023). PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 BATAHAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 923-926.

Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.

Dongoran, P., & Simamora, A. S. (2022). PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3660-3663.

Baroroh, R., Sukriah, Y., & Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2764-2767.

Nasution, A. H., Sukriah, Y., & Harahap, A. F. D. (2021). PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 306-314.

Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3166-3177.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.336-345

Article Metrics

Abstract view : 1425 times
PDF - 380 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.