STUDI DAKWAH MUHAMMADIYAH DALAM PERSPEKTIF MULTI-INTERDISIPLINER

Ichwansyah Tampubolon

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk membahas tentang model studi tentang Dakwah Muhammadiyah secara interdisipliner dan multidisipliner. Kedua perspektif itu menaruh perhatian kajiannya pada aspek agen/pelaku, kegiatan (termasuk di dalamnya proses pelaksanaan, materi, metode, strategi dakwah), orientasi, dan sarana/prasarana dakwah Muhammadiyah. Berbagai dimensi ontologis dakwah ini dapat dikaji melalui berbagai perspektif keilmuan, seperti: Ilmu-ilmu Keislaman, Ilmu-ilmu Sosial, dan Ilmu-ilmu Humaniora. Pengkajian tentang dakwah Muhammadiyah secara utuh dan komprehensif dari berbagai perspektif disiplin ilmu itu tidak saja dapat memperkaya model pengkajian tentang dakwah secara multidisipliner, akan tetapi juga sangat penting dan berguna dalam upaya mengintegrasikan secara kolaboratif wawasan, sudut pandang, dan kualitas hasil kajian tentang dakwah Muhammadiyah, khususnya, dan sekaligus berguna dalam upaya mencarikan solusi yang komprehensif atas kompleksitas persoalan dakwah Muhammadiyah dalam konteks kekinian. Di dalam kedua perspektif itu, tentu saja, terdapat kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan. 


Keywords


Studi Islam, Dakwah Muhammadiyah, Perspektif, Interdisipiner, Multidisipliner

Full Text:

PDF

References


Alfian, Muhammadiyah: The Political Behaviour of Muslim Modernist Organization Under Dutch Colonialisme. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1989.

Amrullah, Achmad. Dakwah Islam sebagai Ilmu. Medan: Fakultas Dakwah IAIN Sumatera Utara, 1996.

Bakar, Osman. Hierarki Ilmu: Membangun Rangka Pikir Islamisasi Ilmu Menurut al-Farabi, al-Ghazali, Quthb al-Din al-Syirazi. Bandung: Mizan, 1997.

Bayânunî (Al), Muhammad Abd al-Fattâh. Al-Madkhal ilâ `Ilm al-Da`wah. Bairut: Muassasah al-Risalah, 1993.

Effendy, Onong Uchana. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti, 2000.

Ma`arif, Ahmad Syafi`i. “Muhammadiyah: Antara Praksisme dan Intelektualisme”, dalam M.A. Fattah Santoso dan Maryadi (ed.). Muhammadiyah Pemberdayaan Umat? Muhammadiyah University Press UMS, 2000, hlm. 93-106.

Najjar (Al), Zaghlul R. “Islamizing the Teachingof Science: A Model in Challenge and Response”, dalam The International Institute of Islamic Thought, Islam: Source and Purpose of Knowledge. Herndon, Virgina, U.S.A. : International Institute of Islamic Thought, 1988. hlm. 133-151, terutama hlm. 139-140.

Nakamura, Mitsuo. Bulan Sabit Muncul dari Balik Pohon Beringin: Studi tentang Pergerakan Muhammadiyah di Kota Gede, Penerjemah Yusron Asrafi,. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1993.

Nasution, Khairuddin. Pengantar Studi Islam Dilengkapi Pendekatan Integratif Interkonektif (Multidisipliner). Jakarta: RajawaliGrafindo Persada, 2016.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, “Kepribadian Muhammadiyah”, dalam Manhaj Gerakan Muhammadiyah, Ideologi, Khittah, dan Langkah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah dan Majelis Kader Muhammadiyah, 2009.

Pasha, Musthafa Kamal dan Darban, Adabi. Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam dalam Perspektif Historis dan Ideologis. Yogyakarta: LPPI, 2003.

Saby, Yuny. “Epistemologi Ilmu Dakwah” dalam Tim Dosen IAIN Arraniry Banda Aceh. Ilmu Dakwah Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Medan: Monora, 2000.

Sambas, Sukriadi. “Pokok-pokok Wilayah Kajian Ilmu Dakwah” dalam Aep Kusnawan (ed.). Ilmu Dakwah Kajian Berbagai Aspek. Bandung: Pustaka Bani Quraish, 2004.

Sulthon, Muhammad. Menjawab Tantangan Zaman Desain Ilmu Dakwah Kajian Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Tampubolon, Ichwansyah. Metodologi Studi Keislaman Ragam Perspektif Ilmu dan Pendekatan. Yogyakarta: UAD, 2018. hlm.

Umar, Toha Yahya. Ilmu Dakwah. Jakarta: Widjaja, 1971.

Zamroni, Muhammad. Filsafat Komunikasi Pengantar Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Yusmiati, Yusmiati, and Wahyudi Wahyudi. "PENGARUH SIKAP NASIONALISME TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKn MATERI PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.2 (2021): 413-417.

Yusmiati, Y., & Sari, S. (2021). PENERAPAN PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PKn MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 296-305.

Yusmiati, Y., & Dewi, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3155-3159.

Yusmiati, Y., & Insan, K. (2023). PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 BATAHAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 923-926.

Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.

Dongoran, P., & Simamora, A. S. (2022). PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3660-3663.

Baroroh, R., Sukriah, Y., & Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2764-2767.

Nasution, A. H., Sukriah, Y., & Harahap, A. F. D. (2021). PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 306-314.

Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3166-3177.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.323-335

Article Metrics

Abstract view : 634 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.