PERAN LAYANAN KONTEN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA SISWA SMP SWASTA IT AL-MUNAWWAR HUTABALANG

Isma Ayurani, Ferdiansah Ferdiansah

Abstract


Layanan konten ini bertujuan memungkinkan siswa untuk memahami serta mengembangkan sikap membiasakan belajar dalam membaca dengan baik dan benar. Namun pada kenyataanya tidak semua siswa dapat membaca dengan baik, karena pengaruh pembinaan dan bimbingan yang kurang baik. Sehingga muncul prilaku yang menyebabka siswa mengalami kesulitan belajar membaca.Adapun sebagai subjek dalam penelitian ini adalah konselor sekolah, guru mata pelajaran dan siswa SMP Swasta IT Al-Munawwar Hutabalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang merupakan prosedur yang menghasilkan data yang sesuai dengan konteks.

Setelah dikukan penelitian diperoleh hasil bahwa pelaksanaan layanan konten ini dapat diperoleh denganĀ  dua cara yaitu kelompok dan individu. Materi yang akan diberikan kepada siswa adalah dikhususkan pada kesulitan belajar membaca. Materi yang diberikan juga diarahkan pada peningkatan cara membaca yang dilakukan oleh siswa disekolah. Materi tersebut meliputi pengetahuan tentang cara membaca, faktor-faktor dan ciri-ciri seseorang yang mengalamiikesulitannbelajarrmembacaa. Siswa yang belajar di SMP Swasta IT Al-Munawwar Hutabalang dapat dikatakan memiliki kemampuan membaca yang cukup baik. Hal ini juga bisa dilihat dari hasil belajar siswa yang baik malalui kerjasama anatara guru pembimbing dan guru mata pelajaran.


Full Text:

PDF

References


Abu.Bakar.M. Luddin, Kinerja.Kepala.Sekolah.Dalam.Bimbingan.dan.Konseling,.Bandung: Citapustaka.Media.Perintis,.2009.

Abdurrahman Mulyono, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bersama Rineka Cipta 1999.

Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta 2002.

Syafaruddin, Strategi Manajemen Pengembangan Mutu Guru Sekolah Muhammadiyah di Kota Medan, Medan, Institut Agama Islam Negeri 2002

Prayitno & Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling Jakarta, Rineka Cipta 1994.

Nefi Darmayanti, Diktat Psikologi Belajar.

AbueAhmadi.& WidodoSupriyono, PsikologiBelajar Jakarta, Rineka Cipta 1991

AbueAhmadi.dan AhmadRohani,*BimbinganKonseling.di.Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya Bandug 2007

Prayitno, Seri Layanan Konseling L1-L9, (Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 2004).

Mulyono Abdurrahma, Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya (Jakarta, Rineka Cipta: 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i1.152-161

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.