PEMAHAMAN KEUANGAN SYARIAH DALAM PENGEMBANGAN PRODUK

Ami Nullah Marlis Tanjung

Abstract


Keuangan syariah di Indonesia terua mengalami peningkatan, kini banyak lembaga keuangan syariah yang bermunculan di seluruh Indonesia. Hal tersebut tentunya dapat dilihat dari banyaknya jumlah kantor lembaga keuangan syariah yang ada di Indonesia. Tetapi perkembangan tersebut tidak didukung dengan sosialiasi pemahaman produk yang ada di lembaga keuangan syariah, sehingga banyak masyarakat yang masih menyamakan lembaga keuangan syariah dengan lembaga keuangan konvensional. Penyamaan tersebut biasanya diungkapkan dengan mendeskripsikan system yang digunakan; system Bungan dan system bagi hasil. Padahal, masyarakat dapat membedakan keduanya ketika masyarakat memilih produk yang digunakan untuk memenuhi apa yang mereka inginkan.  Penelitian ini akan menguraikan tentang system pemahaman yang efektif, untuk mendukung singkronisasi antara perkembangan lembaga keuangan syariah dengan pemahaman masyarakat, sehingga masyarakat dapat memahami perbedaan dari kedua lembaga keuangan tersebut, dan tentunya memahami juga produk-produk yang ada di lembaga keuangan syariah.


Keywords


Pemahaman Produk, Keuangan Syariah

Full Text:

PDF

References


Adiyanto, M. R., & Purnomo, A. S. (2021). Dampak Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Keuangan Syariah. Jurnal Administrasi Kantor, 9(1), 1-12.

Bayu, D., Putra, H. J., Yanti, M. R., & Pradesyah, R. (2020). Analisis Pemahaman Bunga Bank Dan Sistem Bagi Hasil Di Pusat Pasar. Aghniya Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 372-383.

Muttaqin, A. A. (2020). ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MEMBUKA. Jurnal Ilmiah, 1-12.

Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN KEPERCAYAAN. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140-153.

Pradesyah, R. (2019). Analisis Perkembangan Akad-Akad Di Bank Syariah. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 73-86.

Pradesyah, R. (2020). Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Melakukan Transaksi Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Desa Rahuning). AL-Sharf Jurnal Ekonomi Islam, 1(2), 113-122.

Said, S., & Amiruddin, A. M. (2017). Literasi Keuangan Syariah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Al-Ulum, 17(1), 44-64.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.240-246

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.