PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Idawati Idawati

Abstract


Penelitian tentang penerapan hukumannya bagi pelaku tersebut dengan mengangkat suatu rumusan permsalahan yang diangkat tentang Epistemologi Pendidikan Islam, Peluang Pengembangan Epistemologi Pendidikan Islam dan Tantangan Pengembangan Epistemologi Pendidikan Islam. Epistemologi pendidikan Islam bersumber utama dari Alquran dan hadis, sehingga segala aspek pendidikan Islam termasuk tujuan pendidikan harus berdasarkan Alquran dan hadis. Epistemologi pendidikan Islam bisa berfungsi sebagai pengkritik, pemberi solusi, penemu dan pengembang. Posisi pendidikan Islam yang harus dipertahankan adalah sikap tetap selektif, kritis, dan terbuka terhadap munculnya arus globalisasi. Pendidikan Islam hendaknya tetap konsisten terhadap sumber utama agama, yaitu Alquran dan hadis sambil memperluas wawasan dan pemahaman terhadap kemajuan zaman, modernitas, temuan sains dan teknologi, sehingga pembaharuan pendidikan Islam tidak dimulai dari nol lagi. Pendidikan Islam umumnya dan epistemologi khususnya mampu memanfaatkan peluang yang ada serta dapat menjawab dan menaklukkan tantangan yang nyata, maka pendidikan Islam akan terus ada dan berkembang bahkan diminati bahkan menjadi rujukan berbagai aspek kehidupan.


Keywords


Epistemologi, Pendidikan, Islam

References


Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Cet. I, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Harahap, Syahrin. Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi, Cet. I, Yogyakarta:IAIN Sumatera Utara, 1998.

Himpunan Lengkap Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Laksana, 2019.

Ismail, Paradigma Pendidikan Islam, Semarang: pustaka pelajar, 2001.100

Lubis,Saiful Akhyar Ed. Hasan Asari, Paradigma Baru Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam: Aspek Kelembagaan dan Kurikulum dalam buku Memperkokoh Eksistensi Memperluas Kontribusi. Medan: IAIN Press, 2015.

Marimba, Ahmad Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. (Bandung: Al- Ma’rif, 1989.

Muhtarom, Reproduksi Ulama Di Era Global: Resistransi Tradisional Islam, Cet. I, Jakarta: Pustaka Setia, 2005.

Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.

Mukti, Abd. Paradigma Pendidikan Islam. (Medan: Perdana Publishing, 2016), h. 104

Musthofa, Imam Machali (ed), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi: Buah Pikiran Seputar, Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya, Cet. I, Yogyakarta: PRESMA Fak. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2004.

Nasution, Harun Pembaharuan Dalam Islam. (Jakarta: Bulan Bintang, 1975), h. 152

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. I Jakarta: LogosWacana Ilmu, 2001.

Said, Norman Sinergi Agama dan Sains: Ikhtiar Membangun Pusat Peradaban Islam, Cet. I, Makassar:Alauddin Press, 2005.

Tholkhah, Imam dan Ahamad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Akar Tradisi dan Intergrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004.

Tobroni, Pendidikan Islam, Paradigma Teologis, Filosofis dan SpiritualitasMalang: UMM Press, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i2.327-333

Article Metrics

Abstract view : 671 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1932 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.