OTONOMI PENDIDIKAN DI MASA KRISIS PANDEMI COVID-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah)
Abstract
Peran otonomi pendidikan dalam masa krisis yang disebabkan oleh pandemi covid-19 sangat dibutuhkan sebagai dasar dalam pelaksanaan proses pembelajaran dalam kondisi krisis seperti saat ini. Banyak strategi dan pendekatan yang dapat dilakukan dengan peran otonomi pendidikan tersebut, untuk tetap dapat melaksanakan proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan yang terdapat pada pemerintahan daerah. Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No 3 Tahun 2020 tentang "langkah pencegahan covid-19 pada satuan pendidikan", dan Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang " pelaksanaan pendidikan pada masa covid 19". Selama pandemi covid-19 siswa belajar di rumah, dan guru mengajar dari rumah. Sehingga harus dilakukan proses perubahan yang sangat cepat dan melakukan penyesuaian yang sangat cepat dengan kondisi ini. Maka peran dari kepala sekolah dalam memfasilitasi, mendukung, mendorong, monitorin jadi sangat penting dalam rangka menjaga kualitas proses pembelajaran yang akan berlangsung. Tanggung jawab kepala sekolah di masa covid-19 ini hanya ada satu yaitu menjamin kualitas belajar murid di rumah melalui pelaksanaan fungsi manajemen dan kepemimpinan. Pengelolaan pembelajaran di masa andemic covid-19 saat ini, sangat membutuhkan peran kepala sekolah yang inovatif dengan menyusun berbagai perencanaan untuk menunjang proses pembelajaran bagi peserta didik dan kesiapan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemic covid-19.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ansori, https://www.pintar.tanotofoundation.org/peran-kepala-sekolah-di-saat-pandemi-covid-19/ di akses 22 November 2020
Anugrahana, Andri, Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.10, No.3, September 2020
Sumidjo, Wahyo,.Kepemimpinan Kepala Sekolah.(Jakarta:PT Raja Grapindo Persada, 1999). Hlm. 349.
John R, Darling,. “Crisis Management in International Business: Keys to Effective Decision Making.” Leadership & Organization Development Journal 15 (8), (1994). https://doi.org/10.1108/0143773941007304
The COVID-19 Pandemic: Shocks to Education and Policy Responses,” diakses 15 November 2020, https://openknowledge.worldbank.org/handle/10986/33696.
Fadillah ,Rekha, https://www.kompasiana.com/rekha04/5f39579bd541df529765d742/tugas-kepala-sekolah-di-masa-pandemi-covid-19, di akses 22 November 2020
Chan Sam M, dan Sam Tuti T, Kebijakan Pendidikan di Era Otonomi Daerah, (Jakarta: Rajawali, 2005)
Suyanto, Jalan Terjal Menuju Otonomi Pendidikan, Kompas, Selasa, 17 Desember 2001, di akses 15 November 2020
Petunjuk Pelaksanaan tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, Jakarta: Tamita utama, 2003
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i2.305-314
Article Metrics
Abstract view : 3045 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1662 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.