STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MELALUI METODE PEMBIASAAN SISWA KELAS IX SMP IT LUKMANUL HAKIM SEI MENCIRIM DELI SERDANG

Nadia Fazira, Abdurrasyid Abdurrasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru dalam membentuk akhlak siswa melalui metode pembiasaan di Kelas IX SMP IT Lukmanul Hakim Sei Mencirim Deli Serdang. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai praktik pembiasaan yang dilakukan oleh guru serta dampaknya terhadap perilaku siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa sebagai partisipan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengimplementasikan beberapa strategi pembiasaan seperti pembiasaan sholat berjamaah, mengucapkan salam saat bertemu, dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Temuan ini menegaskan bahwa pembiasaan akhlak yang konsisten menghasilkan perubahan positif pada perilaku siswa, dimana mereka menunjukkan peningkatan dalam kepatuhan, rasa hormat terhadap sesama, dan tanggung jawab sosial. Studi ini merekomendasikan bahwa sekolah harus terus mendukung dan memberikan sumber daya yang memadai bagi guru untuk melanjutkan dan meningkatkan praktik pembiasaan ini, sehingga membantu siswa tidak hanya secara akademis tetapi juga dalam pengembangan karakter mereka.


Keywords


Strategi Pembiasaan, Pembentukan Akhlak, Pendidikan Karakter, Metode Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


A. Musthafa. Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 1997.

Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur kholidah, Metode dan Tehnik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung : PT Refika Aditama. 2013.

Aqib Zainal, Model-model, dan Strategi Pembelajaran Kontestual. Bandung:CV Yrama Widia, 2013.

Budio Sesra, Strategi Manajeman Sekolah, Jurnal Menata Volume 2, Nomor 2, Juli-Desember 2019.

Daulay Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta : Kencana Media Grup, 2014.

Latief Abdul Latief, ʺ Perencanaan Sistem”: Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008.

Nurhasan, Pola Kerjasama Sekolah Dan Keluarga dalam Pembinaan Akhlak, Jurnal Al-Makripat Vol 3 No 1, April 2018.

Sanjaya.Wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2008.

Sugioyono, Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan. CV. Alfabeta bandung, 2009.

Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanal Bandung: Fokus Media. 2009.

Yatim Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi

Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana. 2010.

Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: PT. Bulan Bintang. 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.253-269

Article Metrics

Abstract view : 528 times
PDF - 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.