KEPEMIMPINAN GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS

Nur Rima Kholifah, Fauziyah Putri, Ikhwana Desy, Suchita Martin

Abstract


This research in the form of scientific studies covers how the role of PAI teachers in providing classroom learning. This refers to the pattern of leadership that will serve as a concrete example of students. Successful educational institutions, can be seen from how the role of teachers working towards the education process takes place. So that the form of learning outcomes produce characteristics that are brought from the teacher as the educator.


Keywords


Policy, Role of PAI Teachers, Teacher Leadership in Classes, Learning

References


An-Nahlawi, A. (1995). In Pendidikan Islam, Dirumah, Sekolah, Dan Masyarakat (p. hlm. 170). Jakarta: Gema Insani.

Arifin, H. (1996). In Ilmu Pendidikan Islam (p. hlm 193). Jakarta: Bumi Aksara.

Chaerudin, A. (2019). In Manajemen Pendidikan dan Pelatihan SDM (p. hlm.194). Jawa Barat: CV Jejak.

Fatma. (2020). Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI Dalam Mengaktualisasikan Akhlak Mulia Peserta Didik. Jurnal Didaktika, vol. 9 no. 1, hlm. 25.

Fauzi, A. (2015). Membangun Epistimologi Pendidikan Islam Melalui Kepemimpinan Spiritual: Suatu Telaah Diskursif. Jurnal Empirisma, vol. 24 no. 2, hlm. 161.

Hidayati, S. (2010). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Religiusitas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa XI SMK Telkom Sandhy Putra Medan Tahun Ajaran 2009/2010. Dosen Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang.

Indonesia, P. M. (n.d.). Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah (pasal 16 ed.).

Iskandar. (2017). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 3 no. 1, hlm. 184.

Jakfar, M. (2014). Kompetensi Guru Kepemimpinan Agama Islam Di Madrasah Aliyah negri Se-Kulon Progo. Journal Skripsi.

Reka Rahayu, R. S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV . Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Wahab. (2011). In Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi (p. hlm. 63). Semarang: Robar Bersama.

Wardhani. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Parepare. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, vol. 03 no. 02, hlm. 345.

Wijayanti, F. (2017). Problematika Guru PAI Dalam Proses Belajar Mengajar PAI (Studi KAsus Di SMP Negri 2 Salatiga). Skripsi.

Wijayanti, F. (n.d.). Problematika Guru PAI Dalam Proses Belajar Mengajar PAI (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Salatiga ed.). Salatiga.

Yamin, M. (2016). kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam mengembangkan Budaya Islami Di MTS Negri Bangil. Skripsi.

M. Saekhan Muchith. 2016. Guru PAI Yang Profesional. Quality. Vol.4 no. 2

Rizqi, utami, nurlela. 2017. Pengaruh Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Sosial Siswa SMP Negri Losari Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. JAl-Tarbawi Al-haditsah: jurnal pendidikan islam vol. 2 no. 1 Juni 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.106-118

Article Metrics

Abstract view : 1083 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1403 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.