PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 34 JAKARTA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Idi, pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013, hlm 206
Abdul Gafur, Desain Pembelajaran, (Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012), h.174.
Abrasyi, Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta, Bulan Bintang. 1970
Afril Guza. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Guru Dan Dosen, Jakarta. 2009
Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Raja Grafindo Persada. 1998
Ali Sudin, Kurikulum dan Pembelajaran, (Bandung: Upi Press, 2014), 2014: 4-5.
Alhamuddin. Politok Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Zaman Kemerdekaan Hingga Reformasi (1947-2013). 2019.
Al-Abrasyi, M. Athiyah. 1970. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam.Jakarta: Bulan Bintang.dalam http://repository.radenintan.ac.id/1151/12/BAB_II.pdf.
Ainia Dela, Choirul dkk. Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Signifikansinya Bagi Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol.3 No.3. 2020
Ahmadi. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.
Arifin, M. (Ed). 1991. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara.
Chabib Thoha & Abdul Muโti. PBM PAI di Sekolah Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam, Pustaka Pelajar. 1998.
Dr. H. Hasbiyallah, M.Ag, Nayif Sujudi, M.Pd dkk. Pengelolaan Pendidikan Islam (Bandung 2019)
Freire Paulo Pendidikan Kaum Tertindas,terjemahan F Danuwinata, Jakarta, LP3ES (2008).
Hidayat, Nandang Sarip. 2012. โProblematika Pembelajaran Bahasa Arabโ. Akademika. Vol. 37, No. 1.
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan suatu Analisa Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Pustaka Al-Husna,1986).
Jamila, Ahdar, Emmy Natsir. โProblematika Guru dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepareโ. Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya. Vol. 3, No. 2. Tahun 2021
Kebijakan Revisi Kurikulum 2013 serta Dasar Hukum Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 20, 21, 22, 23, 24 Tahun 2016
Khairurrijal, fadriati. dkk. Pengembangan Kurikulum Merdeka, Malang: Cetakan 1 2022.
Kurniasih dan Sani, Revisi Kurikulum 2013 Implementasi Konsep dan Penerapan, (Surabaya: Kata Pena, 2016)
Larlen, Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar, Vol. 3, No. 1, 2013: 87
Mehram, Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Workshop Mgmp Kimia Sma Kabupaten Pidie, Volume III, No.2, 2015: 47.
Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998
Muhammad Zaini, Pengenbangan Kurikulum, Yogyakarta: Diva Press, 2012
Naufal H., Irkhamni I., dan Yuliyani M. โPenelitian Penerapan Program Sistem Kredit Semester Menunjang Terealisasinya Merdeka Belajar di SMA Negeri 1 Pekalonganโ. Jurnal Konferensi Ilmiah Pendidikan, Vol.1 no.1 2020
Ningrum A. S., โPengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar)โ, Prosiding Pendidikan Dasar, Vol.1 2022.
Oemar Hamalik, Pembinaan Pengembangan Kurikulum, Bandung: Pustaka Martina, 1987
Rahayu, Restu dkk. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. V.6 No.4, 2022
Rahmadayanti, Dewi dkk. Potret Kurikulum Merdeka Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. V.6 No. 4. 2022
Rosyada, D. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2020
Ruhaliah, dkk., โPelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran โMerdeka Belajarโ Bagi Guru Bahasa Sunda di Kota Sukabumiโ. Dimastra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1 No.1 2020
Sabriadi H. R. dan Wakia N, โProblematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggiโ, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.11 No2 (2021).
Simanjuntak, Payaman. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta : FE U, 200.
Sidiq, U., & Choiri, M. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan โPendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&Bโ, Bandung: Alfbeta, 2008
Siti,Nur A, Problematika kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sd al falah Sidoharjo. 2021
Syaiful Bahri Djamarah, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif SuatuPendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta, cetakan II, h. 37. 2005
Tutik Rahmawati, Daryanto, Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik, Yogyakarta: Gava Media, 2015: 1.
UU Keputusan Mendikbudristek, Tentang pedoman Penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran, Nomor 56/M/2022.
Yusup, P. M., Perspektif Manajemen Pengetahuan Informasi, Komunikasi, Pendidikan, dan Perpustakaan, Rajawali Pers, 2012: 36-37
Zuhairini, et.al, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Malang, Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel. 1983. Diakses 17 Desember 2022 pukul 16:24 WIB.
Zuhairini dkk. 1983. Metodik Khusus Agama Islam. Surabaya: Usaha Nasional. Diakses 17 Desember 2022 pukul 16:24 WIB.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.328-338
Article Metrics
Abstract view : 861 timesPDF - 139 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.