MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DIFFERENTIATED INSTRUCTION DI SD SWASTA IT AL-WASLIYAH KLAMBIR LIMA

Siti Noor Ambiya, Nurhalima Tambunan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media pembelajaran PAI berbasis Differentiatied Instruction dan umtuk mengetahui apa saja tujuan  dan manfaat dari media pembelajaran PAI berbasis Differentiated instruction di SD IT Al wasliyah klambir lima.  Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru bidang studi PAI di SD IT Al wasliyah Klambir Lima. Data atau sumber di kutip dari buku, jurnal, arsip, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, display atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan media pembelajaran PAI berbasis Differentiated Instruction di SD IT Al wasliyah klambir lima telah diterapkan dari mulai asesmen awal pendaftaran hingga masuk ke tahap pembelajaran. Tujuan serta manfaat dari media pembeljaran berbasis diffrensiasi untuk memenuhi ketercapain target pembelajaran dan memudahkan nya guru dalam mengajarkan pelajaran terutama pada pelajaran PAI, serta meningkatkan kemampuan belajar siswa pada jenjang sekolah dasar (SD), sehingga siswa menjadi semangat, kreatif,inovatif dalam belajar sesuai dengan gaya dan kemampuan masing-masing siswa.


Keywords


Media Pembelajaran PAI Berbasis Differentiatied Instructi

Full Text:

PDF

References


APAI PAI-Jjurnal, diaksies pada, 1997- acadiemia.iedu pada tanggal 11 agustus 2020.

iElihami dan Syahid Abdullah, T,2018, pienierapan piembielajaran piendidikan agama islam dalam miembientuk karaktier pribadi yng islami, jurnal piendidikan, violumie 2 Niomior 1.

Hamdani,stratiegi Bielajar Miengajar, (Bandung : Pustaka Sietia, 2011), h,243.

Hikmahtunazilah, skripsi: Miedia Piembielajaran Piendidikan Agama Islam Bierbasis Tieknioliogi Infiormasi, 2020.

Jurnal Rieviiew Piendidikan Dasar: Jurnal Kajian Piendidikan dan Hasil Pienielitian, 2 Miei 2023, h,69.

Jurnal Rieviiew Piendidikan Dasar: Jurnal Kajian Piendidikan dan Hasil Pienielitian, 2 Miei 2023, h,72.

Kusuma, iOscarina Diewi dan Siti Luthfah. Miemienuhi Kiebutuhan Bielajar Siswa Mielalui Piembielajaran Bierdiefieriensiasi. Jakarta: Kiemientierian Piendidikan dan Kiebudayaan.

Magieie, Mioniquie & iElizabieth Brieaux. 2010. Hiow Thie Biest Tieachiers Diffierientiatie Instructiion. Niew Yiork : Rioutliedgie.

Majid Abdul dan Andayani Dian, Piendidikan Agama Islam Bierbasisi Kiompietiensi, Bandung, PT. Riemaja Riosdakarta, 2006.

Nina Purnama sari dkk, miodiel piengiembangan piembielajaran bierdifieriensiasi. Jakarta, (2021) Pusat Kurikulum dan piembielajaran, Badan standar kurikulum, dan Asiesmien Piendidikan, kiebudayaan, risiet dan tieknioliogi Riepublik Indioniesia.

Purba, Mariati, dkk. 2021. Prinsip Piengiembangan Piembielajaran bierdifieriensiasi (Diffierientiatied Instructiion), pada Kurikulum Flieksibiel siebagai Wujud Mierdieka Bielajar. Jakarta: Badan standar, Kurikulum, dan Asiesmien Piendidikan, Kiemdikbudristiek.

Riosyid mioh, zaiful,dkk, ragam miedia piembielajaran,(batu, litierasi nusantara, 2019),h.3

Zakiyah, Daradjat, Mietiodik Khusus piengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.155-170

Article Metrics

Abstract view : 329 times
PDF - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.