KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MAS MIFTAHUSSALAM MEDAN

Sopiah Hasibuan, Hadi Saputra Panggabean

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kreativitas Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah MAS Miftahussalam Medan 2) faktor pendukung dan penghambat Kreatifitas Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah MAS Miftahussalam Medan dengan waktu penelitian dimulai dari bulan Oktober 2023. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan. Sumber data penelitian yaitu data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian : 1) kreativitas guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah Mas             Miftahussalam Medan, ada tiga metode atau cara yang disampaikan oleh gurunya yang pertama system pembelajaran konfensional, yang diajarkan bahan materi kepada siswa baik dengan manual ataupun dengan persentase, yang kedua, memberikan kepada siswa pertanyaan nomantik untuk mengembangkan daya pikir siswa dalam memahami bahan yang akan diajarkan, kemudian yang ketiga dalam metode ceramah, diskusi dan tanya jawab .


Keywords


Kreatifitas, Guru Akidah Akhlak, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta, 2012

Miarso, Yusuf Hadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Nashori, Fuad dan Diana Mucharam, Rachmi. Mengembangkan Kreativitas Dalam Perspektif Psikologi Islami. Jogjakarta:Menara kudus. 2002

Rachmawati, Yeni. Pengembangan Kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak Jakarta: Kencana Predia Group, 2010

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta PT. Rineka Cipta, 2003

Sugihartono., dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Uny Press. 2007

Supardi, Sekolah Efektif, Jakarta: 2013, PT. Rajagrafindo Persada

Momon Sudarma, Profesi Guru/Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci, Jakarta: 2013, Rajawali

Talajan, Guntur. Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.59-68

Article Metrics

Abstract view : 355 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.