POLA PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA KELAS IX SMP DARUSSALAM MEDAN

Alya Salsabila, Hadi Saputra Panggabean

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Pada Siswa Kelas IX SMP Darussalam Medan dan faktor penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik SMP Darussalam Medan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan termasuk jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yang tertulis atau lisan. Pengumpulan data primer dilakukan melalui dua instrumen penelitian yaitu observasi dan wawancara dengan menggunakan instrumen berupa interview, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Serta teknik pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian; 1). Pola pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah SMP Darussalam Medan, Pola pembelajaran dilaksanakan secara rutin yakni dengan kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan; metode yang digunakan pembiasaan, nasehat, dan hukuman. 2). Faktor penghambat yaitu berasal dari kurangnya motivasi siswa, lingkungan, dan peran orang tua.

Keywords


Pola Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah

Full Text:

PDF

References


Akib D, Muh., Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik, (Jurnal Pendidikan Islam Al-Ishlah, Vol.19 No.1, Juni 2021)

Aprida Pane dan Muhammad Darwis Dasopang, Belajar dan Pembelajaran, (Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol 3 No. 2, Desember 2017)

Apriliani, Lusinta . Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di Mts N 4 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi.(JOM FTK UNIKS, Vol.2 No.2, Juni 2021) hal.198-207

Bahri Djamarah, Syaiful (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga (Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak), Jakarta: Rineka Cipta

Syahbuddin Gade, Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini (Banda Aceh: Naskah Aceh 2019)

Habibah, Syarifah. Akhlak Dan Etika Dalam Islam, (Jurnal Pesona Dasar Vol. 1 No.4, Oktober 2015)

Muhaimin (2005), Metode Khusus Pendidikan Agama, Jakarta: Usaha Nasional

Muh.Fitrah, dan Luthfiyah (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus, Sukabumi: CV Jejak

Nata, Abuddin (2010), Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nurdin, Muhammad (2008). Kiat Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Ar Ruzz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v9i1.49-58

Article Metrics

Abstract view : 463 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.