PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VII MTS YP. AL-MANAR HAMPARAN PERAK

Ade Lufti Fitriyah Munthe, Nanda Rahayu Agustia

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan metode drill sebagai salah satu metode dalam pembelajaran bahasa arab di MTS Yp. Al-manar. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa arab, dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan dalam penerapan metode drill di MTS Yp. Al-Manar.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber datanya diperoleh dari kepala sekolah, guru bidang studi bahasa arab, siswa di MTS Yp. Al-Manar Hamparan Perak dan dari data atau sumber yang sudah ada. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu pengumpulan data, reduksi data, display atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab MTS kelas VII Yp. Al-manar dilakukan dengan kegiatan awal, inti dan penutup. Faktor penghambat dalam penerapan metode drill yaitu faktor lingkungan dan keluarga, minat siswa dan terbatasnya media dan alat belajar disekolah. Adapun faktor pendukungnya yaitu pendidik yang kompeten, interaksi antara murid dan guru baik, semangat siswa.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Arab, Penerapan Metode Drill

Full Text:

PDF

References


Aprizal Ambo Pera. 2021. Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Guru, Vol. 2. No.2.

Dasopang, Darwis, Muhammad dan Pane, Aprida. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03. N0.02.

Dewi Lestari, Ariyani. 2019. Pengaruh penggunaan Metode Drill Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Daya Ingat Siswa Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Di Kelas 2 MI Sabilil Islam ketandan Madiun, Skrpsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Fathoni, M, dan, Agus Hendro Priyon. Penerapan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam Volume 5. No 2.

Hidayah Fathi, dan Faishol Rizal. 2021. Efektivitas Metode Drill Dengan Teknik Master Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. INCARE: International Journal of Educational Resources. Vol. 01. No.01

Kementrian Agama RI. 2016. Al-quran dan Terjemahannya. Jakarta: Halim.

Lisapaly David C.E, Ahmadi. 2022. Efektivitas Penerapan Pembelajara Daring Di Tengah Badai Covid-19. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Noor Fatwiah. 2018. Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi. Jurnal Bahasa Arab. Vol. 02. No.01.

Pranata Alvira, Amanah Noor Pauseh, dan Nanda Nurul Azmi. 2022. Analisis FaktorKesulitan Belajar Bahasa Arab Serta Solusinya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Arab. Vol. 03. No.01.

Subiantoro. 2021. Implementasi Metode Drill untuk Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Kaidah Nahwu pada Siswa Kelas VII B MTs Nurul Hidayah Simpang Asahan Tulang Bawang Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol.7. No.04.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif kuantitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta 2013

Tambak, Syahraini. 2016. Metode Drill Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al hikmah. Vol. 13. No.02.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan.

Unsi Baiq Tuhfatul. Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Penerapan Metode Drill. 2020. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol .4. No.01.

Yunanda Eka, Prakas. 2021. Penerapan Keselamatan Kerja KN Sar Sadewa 231 Dalam Upaya Penyelamatan Man Over Board Pada Badan Sar Nasional ( Basarnas ). Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.273-282

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF - 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.