PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH 47 SUNGGAL
Abstract
Dalam penelitian ini mempunyai masalah pokok, yaitu sebagaimana peran guru seorang guru PAI dalam membentuk akhlak siswa?? Data primer adalah sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dimana diperoleh langsung dari lapangan. Jenis penelitin ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah: 1) akhlak siswa di sekolah SMP Muhammadiyah 7 Sunggal bervariasi tetapi tidak ada yang siswa yang berakhlak buruk, Sebagian siswa yang yang telah menunjukkan akhlak yang mulia tetapi ada juga siswa yang menunjukkan akhlak kurang baik. 2) peran guru pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal dalam pembentukan akhlak siswa antara lain: a) guru Pendidikan agama islam diwajibkan memberikan langsung memperhatikan setiap siswa dalam membaca Al-Qur’an, memberikan nasehat dengan cara berdakwah sehingga terbentuklah akhlak siswa yang baik. b) Pendidik agama Islam mampu memahami karakteristik setiap siswa. Sebagai hasilnya, para pengajar pendidikan agama Islam melakukan diskusi di luar kelas karena tidak ada cukup waktu bagi siswa dan guru untuk mengeksplorasi topik dan mengajukan pertanyaan di dalam kelas. Untuk mendiskusikan masalah yang dihadapi anak-anak orang tua di sekolah, para pengajar dan orang tua juga berinteraksi satu sama lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Is, S. S. (2017). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjama’Ah. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 33–42. https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1018
(2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Utomo, K. B. (2018). Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI. MODELING:Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 145–156. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/331
Intan, & Rini. (2021). An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 573–583. http://annuha.ppj.unp.ac.id
Wahyuni, W., Jannah, S. R., & Fadillah, M. K. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Siswa Di SMP N 03 Baradatu Way Kanan. Berkala Ilmiah Pendidikan, 1(1), 50–52. https://doi.org/10.51214/bip.v1i1.74
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Muhammad Haris. (2015). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. H.M Arifin. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 1–19. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531
Su’dadah, S. (1970). Kedudukan Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Kependidikan, 2(2), 143–162. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.557
Hasyim, M. (2014). Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran. Auladuna, 1(2), 265–276. http://103.55.216.56/index.php/auladuna/article/view/556
Pembelajaran, P. (2005). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. 274–285.
Rasita, Iphlas, and Nurman Ginting. “JOTE Volume 4 Nomor 3 Tahun 2023 Halaman 339-347 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Secara Tartil Sesuai Dengan Ilmu Tajwid” 4 (2023): 339–47.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.272-278
Article Metrics
Abstract view : 607 timesPDF - 504 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.