METODE PENYAMPAIAN PESAN DAKWAH DENNIS LIM MELALUI MEDIA SOSIAL TIK-TOK

Susilawati Siregar, Saydina Maya Tanjung, Jirza Raisa Fahira, Diky Syahputra, A.M Mauludi Tanjung, Arif Zidansyah P

Abstract


Di era sekarang ini menyampaikan pesan dakwah sangatlah mudah, salah satunya dengan menyebarkan video melalui TikTok atau media sosial lainnya, kita bisa berdakwah tanpa harus pergi ke berbagai lokasi untuk berdakwah dan tanpa harus terikat ruang dan waktu. Dakwah di media sosial Tik Tok merupakan dakwah yang efektif digunakan untuk kalangan milenial . Durasi maksimal tiga menit, membuat masyarakat semakin menarik dan mudah menerima pesan dakwah. Begitu banyak mubaligh Indonesia menggunakan media sosial Tik-Tok untuk menyampaikan pesan dakwahnya, salah satunya adalah Koh Dennis Liim. Cara berbagi Koh Dennis dengan mengikuti tren di TikTok, sambil tetap memberikan pesan positif. Sasaran yang diambil Ustadz Agam adalah mengikutsertakan kalangan muda dan orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teori difusi inovasi. Fokus penelitian ini adalah untuk membahas aktivitas da'i melalui TikTok, terkait dengan pemikiran atau karya mereka, serta peran dan kontribusi sosial mereka di berbagai bidang atau kegiatan sosial di masyarakat. Metode yang digunakan Koh Dennis adalah metode ceramah. Dengan sifat komunikasi satu arah transparan (monolog), dan bisa juga dua arah (dialog) transparan. Yang dimaksud transparan adalah dilakukan tanpa tatap muka tetapi ada umpan balik. Sebagian besar materi yang dibawakan oleh Koh Dennis diambil dari peristiwa yang pernah dialaminya atau permasalahan yang up to date

Keywords


Metode Penyampaian Dakwah, Media Sosial, Tiktok

Full Text:

PDF

References


Aminuddin, sanwar. ilmu dakwah. semarang: fakultas dakwah IAIN Walisongo, 1986.

Asep, kusnawan. ilmu dakwah (kajian berbagai aspek). bandung: pustaka bani quraysi, 2004.

Djuroto, Totok. manajemen penerbitan pers. bandung: PT Remaja rosdakarya, 2001.

Efendy, onong uchjana. ilmu komunikasi teori dan praktek. bandung: PT remaja rosdakarya, 2006.

Iskandar. metodologi penelitian kualitatif. jakarta: gaung persada, 2009.

SA, Hikmawati dan L farida. "pemanfaatan media tiktok sebagai media dakwah bagi dosen IAI sunan kalijaga." Al-ittisol jurna; (2021).

Saebani ahmadbeni, affifuddin. metodologi penelitian kualitatif. bandung: pustaka setia, 2009.

Tasmara, toto. komunikasi dakwah. jakarta: CV. gaya media pratama, 1987.

wibowo, adi. "penggunaan media sosial sebagai trend media dakwah pendidikan islam di era digital." jurnal islam nusantara (2019): 339-56.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.152-159

Article Metrics

Abstract view : 1302 times
PDF - 285 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.