AKTUALISASI NILAI-NILAI BERAGAMA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMPIT NURUL HADINA

Herliani Herliani

Abstract


Penelitian in memiliki tujuan untuk mengetahui aktualisasi nilai-nilai beragama terhadap para siswa SMP IT Nurul Hadina dengan pembelajaran PAI. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitaif deskriptif. Intrumen data yng digunakan berupa angket wawancara sert melakuna observasi dan dokumentasi. Model analisis data pada penelitian ini terdiri dari a) reduksi data, b) penyajian data, c) penarikan kesimpulan. Adapun hasil pada penelitian ini diantaranya 1) Aktualisasi nilai-nilai beragama siswa melalui nilai aqidah di SMP IT Nurul Hadina sebelum aktifitas belajar dimulai pada pagi hari maka para siswa diharuskan  membaca Lalaran Nadhoman Al Miftah, kemudian dilanjtkan dengan membaca Asmaul Husna, selanjutnya sholawat atas nabi serta dzikir dan do’a. Para siswa juga diajarkan membaca Al Qur’an dengan metode Yanbua. Kegiatan ekstrakulikuler sekolah para siswa diajarkan tekhnik menulis Al Qur’an sebagai pelajaran ektrakurikuler kaligrafi, 2) Aktualisasi Nilai-Nilai Beragama Siswa Melalui Nilai Syariah di SMP IT Nurul Hadina yaitu para siswa diharuskan melaksanakan sholat fardhu berjamaah dan melaksanakan sholat sunnah seperti sholat Dhuha setiap paginya. 3) Aktualisasi Nilai-Nilai Beragama Siswa Melalui Nilai Akhlak di SMP IT Nurul Hadina yaitu Para siswa tampak khusus dalam melaksanakan ibadah mahdoh seperti sholat fardhu dan Dhuha. Pada umumnya para siswa bersikap sona santu terhadap para guru. Setiap hari Jum’at dilaksanakan kegiatan Jum’t amal berupa infaq yang akan di donasikan kepada yatim piatu dan siswa kurang mmpu, kegiatan gotong royong Sabtu Bersih, senantiasa melepaskan alas kaki (sepatu) untuk seblum memasuki kelas untuk menjaga kebersihan.

Full Text:

PDF

References


Arif, Armai. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres, 2002

Chaplin, Charlie. Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta: Raja Wali Pers, 1986

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2016

Maslow, Abraham. Motivasi dan Kepribadian, Jakarta: Pustaka Binaan Pressindo, 1954

Marzuki, Prinsip Dasar Akhlak Mulia Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika

Dalam Islam, Yogyakarta : Debut Wahana Press, 2009

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002

Sugiono, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2018

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta, 2009

Zuhairini, et.al., Metodik Khusus Pendidikan Agama, Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 1983




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.94-100

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.