EKSPLORASI DAN IDENTIFIKASI Trichoderma sp LOKAL DARI RIZOSFER BAMBU DENGAN METODE PERANGKAP MEDIA NASI

Nurliana Nurliana, Novita Anggraini

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Trichoderma sp asal dari rizosfer bambu dengan metode perangkap media nasi agar dapat diadopsi oleh petani berdasarkan sumberdaya lokal yang ada. Eksplorasi ini dilakukan di 3 (tiga) lokasi berdasarkan ketinggian tempat yaitu ketinggian 0-500 mdpl di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang, 500-1000 mdpl di Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan, dan > 1.000 mdpl di Kabupaten Pakpak Barat. Adapun kegiatan penelitian yang dilakukan adalah eksplorasi, isolasi, dan identifikasi dengan menggunakan metode perangkap media nasi. Hasil penelitian di ketiga daerah tersebut pada kecamatan Beringin tidak ditemukan jamur Trichoderma, di Kecamatan Bandar Pulau ditemukan 2 Jenis Trichoderma, dan di kabupaten Pakpak Barat ditemukan 1 Jenis Trichoderma sp. Trichoderma yang didapat dari kedua ketinggian tersebut memiliki kemiripan dari hasil mikroskopisnya. Diharapkan metode ini dapat diaplikasikan ke petani nantinya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asniah, Widodo, Suryo W. 2013. Potensi cendawan asal tanah perakaran bambu sebagai endofit dan agen biokontrol penyakit akar gasa pada Tanaman Brokoli. J. HPT Tropika. 13 (1): 61-68.

Handoko S. 2014. Kajian epidemi penyakit kanker batang Duku di Provinsi Jambi. [disertasi]. Yogyakarta (ID): Universitas Gadjah Mada.

Murkalina. 2010. Uji antagonis Trichoderma harzianum terhadap Fusarium spp. penyebab penyakit layu pada tanaman cabai (Capsicum annum) secara In Vitro. Jurnal Fitomedika. 7 (2): 80 – 85.

Bambang N, Heri RM, Tita R, Purawisastra S. 2008. Pengujian beras aking sebagai bahan makanan. PGM. 31(1): 15-20.

Nandang S. 2002. Keberadaan dan distribusi jenis-jenisTrichoderma di hutan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun. Berita Biologi. 6 (1).

Prabowo AKE, Nur P, Loekas S. 2006. Potensi Trichoderma harzianum dalam mengendalikan Sembilan isolate Fusarium oxysporum

Schecht.f.sp. Zingiberi Trujillo pada Kencur. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian Indonesia. 8 (2): 76-84.

Puspowidowati A. 2011. Penentu profil gula pereduksi dari beras, jagung giling, dan jagung pipilan (suatu upaya penggalian pangan alternatif berindeks glikemik rendah bagi penderita diabetes). [thesis]. Surabaya (ID): Universitas Airlangga.

Susanti WI. 2015. Kajian Sifat Kimia dan Biologi Tanah Rizosfer Bambu sebagai Disease Suppresive Soil. [tesis]. Bogor (ID): Sekolah Pascasarjana IPB.


Article Metrics

Sari view : 91 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.