ANALISIS PEMASARAN JAHE (Zingiber officinale Rosc.)

Juni Hartati

Sari


Pengusahaan dan pengembangan komoditi tanaman jahe merupakan penghasil devisa negara yang potensial dihari-hari yang akan datang mengingat kegunaan tanaman jahe dalam kebutuhan manusia. Pemasaran produk pertanian cenderung merupakan proses yang agak kompleks, sehingga saluran pemasaran lebih panjang dan mencakup lebih banyak lembaga pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan margin pemasaran pada saluran pemasaran jahe di daerah penelitian. Dalam penelitian ini, alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan tabulasi sederhana untuk margin pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada 5 saluran pemasaran jahe yang terdapat di daerah penelitian. Margin pemasaran yang paling rendah terdapat pada saluran pemasaran I dan margin pemasaran yang tertinggi pada saluran pemasaran III.

Kata kunci : produk, pertanian, margin, komoditi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gultom HLT. 1996. Tataniaga Hasil Pertanian. Medan (ID): Fakultas Pertanian USU

Kartasapoetra G. 1986. Marketing Produk Pertaniandan Industri yang Diterapkan di Indonesia. Jakarta (ID): Bina Aksara.

Risfaheri SR. 1991. Pengolahan Jahe Segar untuk Eksport. Medan (ID): Departemen Pertanian.

Soekartawi. 1989. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. Jakarta (ID): Rajawali Pers.

Soekartawi. 1991. Pembangunan Pertanian. Jakarta (ID): Raja Grafindo Persada.

Sumawihardja S, Suparlan S, Sucherli. 1991. Intisari Manajemen Pemasaran. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya.

Supriadi. 1992. Analisis Efisiensi Produksi dan Pemasaran Jahe di Sumatera Utara. [tesis]. Bogor (ID): Fakultas Pasca Sarjana IPB.

Winardi. 1989. Aspek-Aspek Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Bandung (ID): Mandar Maju.


Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.