POTENSI DAN PEMANFAATAN TANAMAN AREN (Arenga pinnata) DIHUTAN KEMASYARAKATAN AIK BUAL KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Kornelia Webliana, Dwi Sukma Rini

Abstract


Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi Aren yang cukup luas dengan penyebaran terbesar di Pulau Lombok yakni yang mencapai 823,1 ha (BPS NTB, 2015). Lombok Tengah adalah Kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi aren yang cukup rendah jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya yaitu sejumlah 125,4 ha dan total produksi 4,7 ton pada tahun 2015. Hal ini tentu perlu mendapat perhatian mengingat tanaman aren memiliki peranan penting dalam aspek ekologis, ekonomi dan social. Penelitian ini dilaksanakan diHutan Kemasyarakatan (HKm) Desa Aik Bual Kabupaten Lombok Tengah dengan tujuan (1)mengetahui potensi tanaman aren berdasarkan pola penyebaran dan produktivitas aren (2)mengetahui pemanfaatan Aren oleh masyarakat Desa Aik Bual. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive sampling dengan pertimbangan masyarakat Desa Aik Bual telah lama memanfaatkan tanaman aren untuk menunjang perekonomian. Pengumpulan data penyebaran dan produktivitas tanaman secara non probability sampling dengan sampling jenuh (sensus), dan metode pengumpulan data pemanfaatan tanaman aren oleh masyarakat dilakukan dengan wawancara secara terbuka dengan key responden. Hasil penelitian menunjukan terdapat 433 tanaman Aren yang tersebar di dusun Nyeredet dan dusun Pertanian dengan potensi tanaman aren yang belum produktif sejumlah 81,99%, tanaman aren hampir produktif 3,46%, tanaman aren sudah produktif 12,47% dan tanaman aren sudah tidak produktif 2,08%. Masyarakat Aik Bual memanfaatkan nira aren sebagai bahan baku pembuatan gula aren yang terbagi menjadi gula cetak, gula semut dan gula Kristal. Selain itu hasil ikutan Aren seperti kolang-kaling dan ijuk juga diperjualbelikan oleh masyarakat dengan harga yang bervariasi.Hasil penelitian diharapakan dapat memperbaiki pola pengelolaan kawasan dan pembudidayaan tanaman Aren guna keberlangsungan fungsi ekonomi dari tanaman tersebut.


Keywords


Aren, HKm Aik Bual, Potensi, Pemanfaatan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik NTB. 2015. Nusa Tenggara Barat dalam Data. NTB.

Badan Pusat Statistik. 2013. Pendapatan dan Penerimaan. Balai Pustaka. Jakarta.

Irmayanti. 2016. Pengaruh Perendaman dan Media Tanam Terhadap Perkecambah dan Pertumbuhan Semai Tanaman Aren (Arenga pinnata). Skripsi. Program Studi Kehutanan. Universitas Mataram. Mataram.

Kusmayadi, and Endar Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwsataan. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta.

Manurung, D., Putri, L.A.P. & Bangun, M.K. 2013. Pengaruh Perlakuan Pematahan Dormansi Terhadap Viabilitas Benih Aren (Arenga pinnata Merr.) Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Jurnal Online Agroekoteknologi Vol1, No3. 768-782.

Marsiwi, T. 2012. Laporan Seminar Umum Beberapa Cara Perlakuan Benih Aren (Arengapinnata Merr) Untuk Mematahkan Dormansi. Pemuliaan Tanaman, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Nursiyono, J. A. 2014. Kompas Teknik Pegambilan Sampel. Bogor: In Media.

Permentan. 2014. Pedoman Budidaya Aren (Arengapinnata Merr) yang Baik. Lampiran Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 133/ Permentan/ OT.140/ 12/ 20134.12011 Tentang Pedoman Budidaya Aren (Arengapinnata Merr) yang Baik. Menteri Pertanian Repoblik Indonesia. Jakarta.

Rozen, N., Thaib, R., Darfis, I. & Firdaus. 2016. Pematahan Dormansi Benih Enau (Arengapinnata) dengan Berbagai Perlakuan Serta Evaluasi Pertumbuhan Bibit di Lapangan (Seed Dormancy Breaking of Palm (Arengapinnata) with Various Treatment sand The Evaluation of The Growth of Seedlings In The Field). Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Padang, Sumatera Barat. Jurnal Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon. Vol2. No1. 27-31.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung : Alpabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alpabeta.

Sunanto. 1993. Kerapatan dan Pola Distribusi. Alfabeta. Bandung.

Usman, M.A. 2006. Pengaruh Tingkat Kemasakan dan Pematahan Dormansi Benih Aren (Arenga Pinnata (Wurmb.) Merr.) Pada Kondisi Media yang Berbeda. Skripsi. Program Studi Pemuliaan Tanaman dan Teknologi Benih Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v5i1.1725

Article Metrics

Abstract view : 5058 times
PDF - 2738 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.