STRATEGI PEMASARAN KOPI (COFFEA SP.) PADA MAHKOTA JAVA COFFEE DI KECAMATAN BAYONGBONG KABUPATEN GARUT

Kamila Azzahra Ayu Putri Mulyana, Wagiono Wagiono, Muhamad Rom Ali Fikri

Abstract


Kopi merupakan komoditas perkebunan yang memegang peranan cukup penting dalam perekonomian Indonesia. Semakin maraknya industri kopi di era globalisasi dan modernisasi berdampak pada persaingan usaha antar industri, sehingga untuk menarik minat konsumen agar melakukan pembelian perusahaan harus bisa menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar yang ada. Terlebih di Kabupaten Garut berpotensi pada perkembangan industri kopi yang didukung oleh kondisi geografisnya. Salah satu industri kopi yang berada di Kabupaten Garut adalah Mahkota Java Coffee yang memiliki permasalahan dalam pemasaran yang fluktuatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang ada pada Mahkota Java Coffee; menganalisis strategi pemasaran kopi yang tepat untuk digunakan pada Mahkota Java Coffee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang menggunakan data-data kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah matriks faktor strategi internal (IFAS), matriks faktor strategi eksternal (EFAS), analisis SWOT, serta matriks grand strategy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kekuatan didominasi oleh terdapatnya berbagai macam varian kopi dengan skor sebesar 0,42 dan untuk faktor kelemahan didominasi oleh informasi dalam label produk kurang lengkap dengan skor sebesar 0,37. Faktor peluang didominasi oleh perkembangan konsumsi kopi yang meningkat dengan skor sebesar 0,40 dan untuk faktor ancaman didominasi oleh faktor cuaca mempengaruhi kualitas bahan baku dengan skor sebesar 0,37. Hasil matriks grand strategy Mahkota Java Coffee menempati posisi kuadran I yang berfokus pada pengembangan produk, pengembangan pasar, serta penetrasi pasar dengan menciptakan produk turunan, menambahkan varian rasa baru, membuka cabang di lokasi yang lebih strategis, menggunakan e-commerce, menjalin kemitraan dengan pengecer lain.


Keywords


Analisis SWOT; Kopi; Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2022. Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, Jawa Barat.

Badan Pusat Statistik. 2022. Statistik Indonesia. Badan Pusat Statistik Indonesia, Jakarta.

Dini, Khansa Muthia. 2017. Strategi Pemasaran Pupuk Organik Di CV. Pendawa Kencana Multy Farm, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Rangkuti, Freddy. 2016. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sanjaya, Vicky. et al. 2020. IFE EFE dan Grand Strategy Industri Kuliner. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1 (2): 159-170.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jap.v9i1.14647

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal AGROHITA
Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl. Stn Mhd Arief N0 32 Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara

ISSN Online : 2615-336X   ISSN Cetak : 2541-5956

 Lisensi Creative Commons

Jurnal AGROHITA disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.