Peran Bimbingan Konseling Berbasis Tiga Pilar (Guru, Orang Tua, dan Lingkungan Masyarakat) dalam Pembentukan Akhlakhul Karimah Siswa di MA Nurul Huda Kabupaten OKU Timur

AYU LUSIYANA, FATKHUR ROHMAN, SAIFUR ROHIM

Sari


Keberhasilan layanan bimbingan konseling tidak hanya sepenuhnya diserahkan kepada guru pembimbing/konselor sekolah, melainkan kerjasama untuk setiap elemen pendidikan yaitu: lingkungan sekolah (guru), lingkungan keluarga (orang tua), dan lingkungan masyarakat.

Lingkungan sekolah merupakan pusat dalam layanan konseling siswa, setiap personil dalam lingkungan sekolah memiliki peranan yang sama penting, karena dalam keterlaksanaan layanan konseling di sekolah merupakan satu kesatuan kerjasama antara anggota-anggotanya. Personil lingkungan sekolah dalam layanan bimbingan konseling terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas guru BK, guru BK, wali kelas, guru mata pelajaran, staf administrasi sekolah, dan siswa sebagai objek layanan.

 

Kata kunci :  Bimbingan Konseling (Guru, Orang Tua, Lingkungan Masyarakat), Pembentukan Ahlakul Karimah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional. (2003). UU. No. 20. Th. 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

Djumhur dan Moh. Surya. (2003). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: Ilmu Citra Umbara.

Gunarsa, S.D. (2009). Psikologi untuk Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hasgimianti. Nirwana, Herman. Daharnis. (2017). Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa yang Berlatar Belakang Melayu dan Jawa. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 130-143.

Kartono, Kartini. 1982. Peranan Keluarga Memandu Anak, Sari Psikologi Terapan. Jakarta: Rajawali Press.

Miles, M.B & Huberman A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Mizan, I.K. 2012. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika SMK N 1 Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012. Artikel Ilmiah (online) http://eprints.uny.ac.id/9607/1/Jurnal.pdf. diakses tanggal 07 April 2018.

Moleong Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Monalisa, Riana Tamara. (2016). Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 16, Nomor 1, 44-55.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prayitno. Erman Amu. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rhineka Cipta.

Simanullang, Halasan. Wahjoedi. Sapto, Ari. (2017). Peran Lingkungan Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Artikel ilmiah Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 1-9 (online)

http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/gtk/article/viewFile/262/246, diakses 07 April 2018.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yarliani, Ikta. (2013). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Membantu Mengatasi Masalah Hubungan Sosial Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Jurnal: Guidance and Counseling, Volume 1 Issue 1, 46-54. (online) http://download.portalgaruda.org/article.php?article=334145&val=7813&title=PERAN%20GURU%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING%20MEMBANTU%20MENGATASI%20MASALAH%20HUBUNGAN%20SOSIAL%20SISWA%20DI%20MADRASAH%20TSANAWIYAH%20NEGERI%20BANJARMASIN%20SELATAN%20KOTA%20BANJARMASIN. Diakses 8 April 2018


Article Metrics

Sari view : 24 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.